Universitas Islam Bandung Repository

Penerapan Pewarnaan Graf sebagai Metode untuk Mencari Solusi Permainan Sudoku

Show simple item record

dc.contributor.author Adrianto, Fari Ardilla
dc.contributor.author Permanasari, Yurika
dc.contributor.author Sukarsih, Icih
dc.date.accessioned 2015-10-10T07:31:49Z
dc.date.available 2015-10-10T07:31:49Z
dc.date.issued 2015
dc.identifier.uri http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/matematika/article/view/1731
dc.description.abstract Penerapan Pewarnaan Graf Sebagai Metode Untuk Mencari Solusi Permainan Sudoku. Sudoku adalah sebuah permainan teka-teki yang memasukan angka 1 sampai n ke dalam kotak sehingga tidak ada angka yang sama dalam satu kolom, baris maupun kotak persegi / grid. Sudoku dapat dipandang sebagai pewarnaan parsial dari graf. Sudoku dapat ditransformasi ke dalam graf dengan mengubah setiap elemen Sudoku menjadi verteks dan elemen yang bertetangga sebagai edge. Dengan demikian teknik pewarnaan graf dapat digunakan sebagai salah satu teknik untuk menyelesaikan permainan Sudoku. Setiap Sudoku n x n akan memiliki warna minimal sehingga memiliki polinomial kromatik dimana adalah warna minimal (bilangan kromatik) yang menunjukkan bahwa banyaknya solusi permainan Sudoku ada sebanyak . en_US
dc.publisher Fakultas MIPA Universitas Islam Bandung (UNISBA) en_US
dc.subject Sudoku, Pewarnaan Graf, Bilangan Kromatik, Polinomial Kromatik en_US
dc.title Penerapan Pewarnaan Graf sebagai Metode untuk Mencari Solusi Permainan Sudoku en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account