Universitas Islam Bandung Repository

Pengaruh Tingkat Dana Zakat terhadap Kinerja Corporate Social Responsibility (Csr) (Studi Kasus Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia Berdasarkan Isr Indeks)

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor
dc.creator Arradini, Nurani
dc.creator Fauziah, N. Eva
dc.creator Senjiati, Ifa Hanifia
dc.date 2017-01-24
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum_ekonomi_syariah/article/view/5284
dc.description Abstract.Zakat as the social aspect of the company is expected to improve the company image because it can provide information about social responsibility (Corporate Social Responsibility) that indicated sales / business transaction the company will increase. However, in Indonesia alone in the company's CSR performance Islam many use similar disclosures with conventional companies, which raised the need for CSR disclosure in accordance with the teachings and laws of Islam. Therefore, the authors develop this research by using Islamic Social Reporting Index (index ISR) consisting of six themes, namely financial and investment products and services, employees, community/social, environmental, and corporate governance. The formulation of the problem and the purpose of this research is, determine the development level of charity fund company on Islamic Banks, know the development of the performance of Corporate Social Responsibility based ISR index on Islamic Banks, and determine the effect of Zakat funds to the performance of Corporate Social Responsibility (A Case Study Islamic banks in Indonesia Index Based ISR).The method used in this research is using quantitative descriptive analysis approach. Source of this research is secondary data derived from the annual financial statements of Islamic commercial bank that meets the criteria that Bank Muamalat Indonesia, Bank Syariah Mandiri, Bank BNI Syariah and Bank Mega Syariah period 2011-2015. The data collection technique is documentation. Data analysis technique used ith regression analysis and hypothesis testing. The results showed that the rate of zakat Islamic Banks have increased in 2011-2014 and in 2014-2015 relative decline, based on the CSR performance disclosure ISR Islamic Banks increased in 2011-2014, while the relative decline in 2015, the level of zakat funds have a significant effect on the performance of CSR in Islamic Banks in Indonesia based on the ISR index. It can be seen from the calculation of simple regression analysis that thitung greater than ttabel (4.876> 2.100922), and the degree of probability / sig = 0.000 <0.05, it can be concluded that H_0 H_a rejected and accepted, which means that there are significant significant correlation between the level of zakat to the CSR performance-based, Islamic Social Reporting Index.Abstrak.Zakat sebagai aspek sosial perusahaan diharapkan mampu meningkatkan image perusahaan karena dapat memberikan informasi mengenai tanggung jawab sosial (Corporate Social Responsibility) sehingga diindikasikan penjualan/ transaksi bisnis perusahaan tersebut akan meningkat. Namun, di Indonesia sendiri kinerja CSR pada perusahaan Islam masih banyak yang menggunakan pengungkapan yang sama dengan perusahaan konvensional, sehingga timbul kebutuhan pengungkapan CSR yang sesuai dengan  ajaran dan hukum Islam. Oleh karena itu, penulis mengembangkan penelitian ini dengan menggunakan Islamic Social Reporting Index (indeks ISR) yang terdiri atas 6 tema yaitu keuangan dan  investasi, produk dan jasa, karyawan, masyarakat/social, lingkungan, dan tata kelola perusahaan. Adapun rumusan masalah dan tujuan dalam penelitian ini yaitu, mengetahui perkembangan tingkat dana zakat perusahaan pada Bank Umum Syariah, mengetahui perkembangan kinerja Corporate Social Responsibility berdasarkan ISR Indeks pada Bank Umum Syariah, dan mengetahui pengaruh tingkat dana zakat terhadap kinerja Corporate Social Responsibility (Studi Kasus Pada Bank Umum Syariah di Indonesia Berdasarkan ISR Indeks). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah dengan menggunakan pendekatan penelitian deskriptif analisis kuantitatif. Sumber penelitian ini adalah data sekunder yang berasal dari laporan keuangan tahunan bank umum syariah yang memenuhi kriteria yaitu Bank Muamalat Indonesia, Bank Syariah Mandiri, Bank BNI Syariah, dan Bank Mega Syariah periode 2011-2015. Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan engan analisis regresi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat dana zakat Bank Umum Syariah tahun 2011-2014 mengalami peningkatan dan pada tahun 2014-2015 relatif menurun, kinerja CSR berdasarkan pengungkapan ISR Bank Umum Syariah  mengalami peningkatan pada tahun 2011-2014, sementara relatif menurun pada tahun 2015, tingkat dana zakat berpengaruh signifikan terhadap kinerja CSR pada Bank Umum Syariah di Indonesia berdasarkan ISR indeks. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan analisis regresi sederhana yaitu thitung lebih besar daripada ttabel (4,876> 2,100922), dan tingkat probabilitas/ sig = 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa  ditolak dan  diterima, yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara tingkat dana zakat terhadap kinerja CSR berdasarkan pengungkapan Islamic Social Reporting Indeks.
dc.description Zakat sebagai aspek sosial perusahaan diharapkan mampu meningkatkan image perusahaan karena dapat memberikan informasi mengenai tanggung jawab sosial (Corporate Social Responsibility) sehingga diindikasikan penjualan/ transaksi bisnis perusahaan tersebut akan meningkat. Namun, di Indonesia sendiri kinerja CSR pada perusahaan Islam masih banyak yang menggunakan pengungkapan yang sama dengan perusahaan konvensional, sehingga timbul kebutuhan pengungkapan CSR yang sesuai dengan  ajaran dan hukum Islam. Oleh karena itu, penulis mengembangkan penelitian ini dengan menggunakan Islamic Social Reporting Index (indeks ISR) yang terdiri atas 6 tema yaitu keuangan dan  investasi, produk dan jasa, karyawan, masyarakat/social, lingkungan, dan tata kelola perusahaan. Adapun rumusan masalah dan tujuan dalam penelitian ini yaitu, mengetahui perkembangan tingkat dana zakat perusahaan pada Bank Umum Syariah, mengetahui perkembangan kinerja Corporate Social Responsibility berdasarkan ISR Indeks pada Bank Umum Syariah, dan mengetahui pengaruh tingkat dana zakat terhadap kinerja Corporate Social Responsibility (Studi Kasus Pada Bank Umum Syariah di Indonesia Berdasarkan ISR Indeks). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah dengan menggunakan pendekatan penelitian deskriptif analisis kuantitatif. Sumber penelitian ini adalah data sekunder yang berasal dari laporan keuangan tahunan bank umum syariah yang memenuhi kriteria yaitu Bank Muamalat Indonesia, Bank Syariah Mandiri, Bank BNI Syariah, dan Bank Mega Syariah periode 2011-2015. Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan engan analisis regresi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat dana zakat Bank Umum Syariah tahun 2011-2014 mengalami peningkatan dan pada tahun 2014-2015 relatif menurun, kinerja CSR berdasarkan pengungkapan ISR Bank Umum Syariah  mengalami peningkatan pada tahun 2011-2014, sementara relatif menurun pada tahun 2015, tingkat dana zakat berpengaruh signifikan terhadap kinerja CSR pada Bank Umum Syariah di Indonesia berdasarkan ISR indeks. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan analisis regresi sederhana yaitu thitung lebih besar daripada ttabel (4,876> 2,100922), dan tingkat probabilitas/ sig = 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa  ditolak dan  diterima, yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara tingkat dana zakat terhadap kinerja CSR berdasarkan pengungkapan Islamic Social Reporting Indeks.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Prosiding Hukum Ekonomi Syariah
dc.publisher Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum_ekonomi_syariah/article/view/5284/pdf
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum_ekonomi_syariah/article/downloadSuppFile/5284/883
dc.rights Copyright (c) 2017 Proceedings of Finance & Islamic Banking
dc.source Prosiding Hukum Ekonomi Syariah; Vol 3, No 1, Prosiding Hukum Ekonomi Syariah (Februari, 2017); 22-26
dc.source Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah; Vol 3, No 1, Prosiding Hukum Ekonomi Syariah (Februari, 2017); 22-26
dc.source 2460-2159
dc.subject Financial Institutions & Syariah Banking
dc.subject Zakat, Corporate Social Responsibility (CSR), ISR
dc.subject syariah, keuangan perbankan syariah
dc.subject zakat, csr, isr
dc.title Pengaruh Tingkat Dana Zakat terhadap Kinerja Corporate Social Responsibility (Csr) (Studi Kasus Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia Berdasarkan Isr Indeks)
dc.title Pengaruh Tingkat Dana Zakat terhadap Kinerja Corporate Social Responsibility (Csr) (Studi Kasus Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia Berdasarkan Isr Indeks)
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kuantitatif
dc.type kualitatif, desktriptif analisis


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account