Universitas Islam Bandung Repository

Analisis Ekonomi Syariah tentang Efektivitas Kerja Sama PT. Amanah Mulia Wisata dan Bank Syariah Mandiri dalam Produk Dana Talangan Umrah

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor
dc.creator Zahara, Rofiana El
dc.creator Zainuddin, Mohammad
dc.creator Senjiati, Ifa Hanifia
dc.date 2017-01-24
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum_ekonomi_syariah/article/view/5620
dc.description Abstract.Long queues that occur at the departure process of the Hajj and the larger price made the worship of ' umrah (minor Hajj) as a solution for people who want to go to the House of worship. Therefore, the demand for ' umrah worship continues to rise, so the effect on growing number of Bureau travel service travel tour that facilitate & register worship ' umrah. With the increasingly rampant Bureau travel service travel & tour, making them an attractive product offering droves of people's interest. One of them, the bailouts ' umrah which is a product of cooperation the Bank and Bureau travel service travel & tour. As for the formulation of the problem and the purpose of this research is: know products bailouts umrah according to Sharia, knowing the economic cooperation PT. Amanah Mulia Wisata (PT. AMWa Tours) and Sharia Mandiri Bank Branch Office A. Yani Bandung in bailouts ' umrah, and knowing the effectiveness of cooperation of PT. Amanah Mulia Wisata (PT. AMWa Tours) and Sharia Mandiri Bank Branch Office a. Yani Bandung in bailouts ' umrah. The research method used is a normative approach to the nature of Sharia economic descriptive research analytical. The data source used is the primary data source i.e. interviews to staff marketing, financial, head office in PT. Amanah Mulia Wisata (PT. AMWa Tours) and interviews to staff at the Sharia Mandiri Bank Micro Branch Office A. Yani Bandung with data collection techniques used are interviews and literature study. Data analysis tool used is the method of triangulation. Based on the results of the study it can be concluded that the product bailouts umrah according to Islamic Economics is a product that relieves financing (takhfif) which is intended for the people that enabled (istitha'ah) to pay it off. Contract ijarah is used set the fatwa DSN No. 09/DSN-MUI/IV/2000 about contract ijarah financing. As for the cooperation of PT.Amanah Mulia Wisata (PT. AMWa Tours) and Sharia Mandiri Bank A. Yani Bandung is a partnership that aims to realize the wishes of the community in setting out the worship of ' umrah, but stuck with financial constraints. While the effectiveness of cooperation of PT. Amanah Mulia Wisata (PT. AMWa Tours) and Sharia Mandiri Bank A. Yani Bandung in bailouts ' umrah does not run effectively, since the pilgrims ' umrah which use this product only on 8 February 2016 as well as the two sides consider that this product is not a priority for the products offered, so the community gets less socializing and not aware of related products.Abstrak.Antrian panjang yang terjadi pada proses keberangkatan ibadah haji dan harga yang lebih besar menjadikan ibadah umrah (haji kecil) sebagai solusi untuk masyarakat yang ingin pergi ibadah ke Baitullah. Oleh karena itu, permintaan terhadap ibadah umrah terus meningkat, sehingga berpengaruh terhadap semakin banyaknya biro jasa perjalanan travel & tour yang memudahkan dalam mendaftar ibadah umrah. Dengan semakin maraknya biro jasa perjalanan travel & tour, membuat mereka berbondong-bondong menawarkan produk yang menarik minat masyarakat. Salah satunya, produk dana talangan umrah yang merupakan produk kerja sama pihak Bank dan biro jasa perjalanan travel & tour. Adapun rumusan masalah dan tujuan penelitian ini adalah : mengetahui produk dana talangan umrah menurut ekonomi syariah, mengetahui kerja sama PT. Amanah Mulia Wisata (PT. AMWa Tours) dan Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang A. Yani Bandung dalam produk dana talangan umrah, dan mengetahui efektivitas kerja sama PT. Amanah Mulia Wisata (PT. AMWa Tours) dan Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang A. Yani Bandung dalam produk dana talangan umrah. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan normatif ekonomi Syariah dengan sifat penelitian deskriptif analitis. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yaitu wawancara kepada staf marketing, keuangan, head office di PT. Amanah Mulia Wisata (PT. AMWa Tours) dan wawancara kepada staf Mikro di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang A. Yani Bandung dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan studi pustaka. Alat analisis data yang digunakan adalah metode triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa produk dana talangan umrah menurut ekonomi syariah adalah produk pembiayaan yang meringankan (takhfif) yang ditujukan bagi masyarakat yang berkemampuan (istitha’ah) untuk melunasinya. Akad yang digunakan adalah ijarah yang diatur fatwa DSN No. 09/DSN-MUI/IV/2000 tentang pembiayaan akad ijarah. Adapun kerja sama PT. Amanah Mulia Wisata (PT. AMWa Tours) dan Bank Syariah A. Yani Bandung adalah kerja sama yang bertujuan untuk mewujudkan keinginan masyarakat dalam berangkat ibadah umrah, namun terbentur dengan kendala keuangan. Sedangakan efektivitas kerja sama PT. Amanah Mulia Wisata (PT. AMWa Tours) dan Bank Syariah A. Yani Bandung dalam produk dana talangan umrah tidak berjalan efektif, karena jamaah umrah yang menggunakan produk ini hanya terdapat di tanggal 8 Februari 2016 serta kedua belah pihak menganggap bahwa produk ini bukan produk prioritas untuk ditawarkan, sehingga masyarakat kurang mendapat sosialisasi dan tidak mengetahui terkait produk ini.
dc.description Antrian panjang yang terjadi pada proses keberangkatan ibadah haji dan harga yang lebih besar menjadikan ibadah umrah (haji kecil) sebagai solusi untuk masyarakat yang ingin pergi ibadah ke Baitullah. Oleh karena itu, permintaan terhadap ibadah umrah terus meningkat, sehingga berpengaruh terhadap semakin banyaknya biro jasa perjalanan travel & tour yang memudahkan dalam mendaftar ibadah umrah. Dengan semakin maraknya biro jasa perjalanan travel & tour, membuat mereka berbondong-bondong menawarkan produk yang menarik minat masyarakat. Salah satunya, produk dana talangan umrah yang merupakan produk kerja sama pihak Bank dan biro jasa perjalanan travel & tour. Adapun rumusan masalah dan tujuan penelitian ini adalah : mengetahui produk dana talangan umrah menurut ekonomi syariah, mengetahui kerja sama PT. Amanah Mulia Wisata (PT. AMWa Tours) dan Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang A. Yani Bandung dalam produk dana talangan umrah, dan mengetahui efektivitas kerja sama PT. Amanah Mulia Wisata (PT. AMWa Tours) dan Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang A. Yani Bandung dalam produk dana talangan umrah. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan normatif ekonomi Syariah dengan sifat penelitian deskriptif analitis. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yaitu wawancara kepada staf marketing, keuangan, head office di PT. Amanah Mulia Wisata (PT. AMWa Tours) dan wawancara kepada staf Mikro di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang A. Yani Bandung dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan studi pustaka. Alat analisis data yang digunakan adalah metode triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa produk dana talangan umrah menurut ekonomi syariah adalah produk pembiayaan yang meringankan (takhfif) yang ditujukan bagi masyarakat yang berkemampuan (istitha’ah) untuk melunasinya. Akad yang digunakan adalah ijarah yang diatur fatwa DSN No. 09/DSN-MUI/IV/2000 tentang pembiayaan akad ijarah. Adapun kerja sama PT. Amanah Mulia Wisata (PT. AMWa Tours) dan Bank Syariah A. Yani Bandung adalah kerja sama yang bertujuan untuk mewujudkan keinginan masyarakat dalam berangkat ibadah umrah, namun terbentur dengan kendala keuangan. Sedangakan efektivitas kerja sama PT. Amanah Mulia Wisata (PT. AMWa Tours) dan Bank Syariah A. Yani Bandung dalam produk dana talangan umrah tidak berjalan efektif, karena jamaah umrah yang menggunakan produk ini hanya terdapat di tanggal 8 Februari 2016 serta kedua belah pihak menganggap bahwa produk ini bukan produk prioritas untuk ditawarkan, sehingga masyarakat kurang mendapat sosialisasi dan tidak mengetahui terkait produk ini.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Prosiding Hukum Ekonomi Syariah
dc.publisher Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum_ekonomi_syariah/article/view/5620/pdf
dc.rights Copyright (c) 2017 Proceedings of Finance & Islamic Banking
dc.source Prosiding Hukum Ekonomi Syariah; Vol 3, No 1, Prosiding Hukum Ekonomi Syariah (Februari, 2017); 243-249
dc.source Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah; Vol 3, No 1, Prosiding Hukum Ekonomi Syariah (Februari, 2017); 243-249
dc.source 2460-2159
dc.subject Financial Institutions & Syariah Banking
dc.subject Islamic Economy, Effectiveness, Cooperation, Bailouts of 'Umrah
dc.subject Keuangan & Perbankan Syariah
dc.subject Ekonomi Syariah, Efektivitas, Kerja Sama, Dana Talangan Umrah.
dc.title Analisis Ekonomi Syariah tentang Efektivitas Kerja Sama PT. Amanah Mulia Wisata dan Bank Syariah Mandiri dalam Produk Dana Talangan Umrah
dc.title Analisis Ekonomi Syariah tentang Efektivitas Kerja Sama PT. Amanah Mulia Wisata dan Bank Syariah Mandiri dalam Produk Dana Talangan Umrah
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account