Universitas Islam Bandung Repository

Pendidikan Akhlak pada Anak Perspektif Imam Al Ghazali (Analisis Pendidikan Akhlak terhadap Nasehat Imam Al Ghazali dalam Kitab Ayyuhal Walad)

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor
dc.creator Khoerunnisa, Ajeng Niar
dc.creator Surana, Dedih
dc.creator Junaedi, Layen
dc.date 2017-01-26
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/6143
dc.description Akhlaq merupakanbagianyang tidakbisadipisahkandarikehidupanmanusia dan mampu membedakan manusia dengan makhluk lainnya dimuka bumi. Pendidikan akhlak ini mendapatkan perhatian yang sangat intens dari sang Hujatul Islam salah satunya berupa nasehat yang tertuang dalam buah karyanya kitab Ayyuhal Waladberisi nasehat nasehat bersifat normatif yang kandungannya memiliki relevansi dengan zaman kini. Nasehat nasehat Imam Ghazali yang mengandung nilai nilai pendidikan dalam kitab Ayyuhal Walad ini sangat menarik untuk dikaji dari sisi akademis, terutama dalam pembentukan akhlak anak baik di lingkungan sekolah, bermain, dan khususnya dalam lingkungan keluarga, karena lingkungan keluarga menjadi institusi pertama yang dilibatkan dalam masalah pendidikan akhlak, sehingga dalam keluarga inilah diletakkan dasar-dasar tingkah laku dan budi pekerti. Selain itu, anak dilahirkan dalam keluarga merupakan insan yang membutuhkan bantuan orang lain karena ia tidak akan mencapai tingkat kedewasaanya dengan baik dan benar apabila tidak adanya dukungan terutama dilingkungan keluarga. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui (1) pendidikan akhlak menurut Imam Al Ghazali dalam kitab Ayyuhal Walad.. (2) mengetahui relevansi pendidikan akhlak menurut Imam Al Ghazali dalam kitab Ayyuhal Waladbagi pendidikan di Indonesia pada masa kini.Penelitian ini menggunakan pendekatandeskriptif- analitisdankritisterhadapdatayang bersifatkualitatif. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) Tujuan pendidikan menurut Imam al-Ghazali adalah agar kita dekat dengan Allah dengan cara beribadah dan taat kepada-Nya (2) Syarat menjadi peserta didik menurut Imam al-Ghazali ialah peserta didik harus memiliki sifat-sifat berikut: tawadlu’, mengetahui nilai dan tujuan pendidikan, bersungguh-sungguh dalam belajar, mengamalkan ilmu yang telah diperoleh, dan ikhlas. (3) KonseppendidikananakyangditawarkanImam Al-GhazalidalamKitab Ayyuhal Waladmerupakan salah satukegiatanpendidikanIslam.ImamAl- GhazalidalamKitab AyyuhalWaladmencoba mengajakumatmanusia untuk memahamiajarantasawuf sesuaidenganhakikattasawufitusendiri.  
dc.description Akhlaq merupakanbagianyang tidakbisadipisahkandarikehidupanmanusia dan mampu membedakan manusia dengan makhluk lainnya dimuka bumi. Pendidikan akhlak ini mendapatkan perhatian yang sangat intens dari sang Hujatul Islam salah satunya berupa nasehat yang tertuang dalam buah karyanya kitab Ayyuhal Waladberisi nasehat nasehat bersifat normatif yang kandungannya memiliki relevansi dengan zaman kini. Nasehat nasehat Imam Ghazali yang mengandung nilai nilai pendidikan dalam kitab Ayyuhal Walad ini sangat menarik untuk dikaji dari sisi akademis, terutama dalam pembentukan akhlak anak baik di lingkungan sekolah, bermain, dan khususnya dalam lingkungan keluarga, karena lingkungan keluarga menjadi institusi pertama yang dilibatkan dalam masalah pendidikan akhlak, sehingga dalam keluarga inilah diletakkan dasar-dasar tingkah laku dan budi pekerti. Selain itu, anak dilahirkan dalam keluarga merupakan insan yang membutuhkan bantuan orang lain karena ia tidak akan mencapai tingkat kedewasaanya dengan baik dan benar apabila tidak adanya dukungan terutama dilingkungan keluarga. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui (1) pendidikan akhlak menurut Imam Al Ghazali dalam kitab Ayyuhal Walad.. (2) mengetahui relevansi pendidikan akhlak menurut Imam Al Ghazali dalam kitab Ayyuhal Waladbagi pendidikan di Indonesia pada masa kini.Penelitian ini menggunakan pendekatandeskriptif- analitisdankritisterhadapdatayang bersifatkualitatif. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) Tujuan pendidikan menurut Imam al-Ghazali adalah agar kita dekat dengan Allah dengan cara beribadah dan taat kepada-Nya (2) Syarat menjadi peserta didik menurut Imam al-Ghazali ialah peserta didik harus memiliki sifat-sifat berikut: tawadlu’, mengetahui nilai dan tujuan pendidikan, bersungguh-sungguh dalam belajar, mengamalkan ilmu yang telah diperoleh, dan ikhlas. (3) KonseppendidikananakyangditawarkanImam Al-GhazalidalamKitab Ayyuhal Waladmerupakan salah satukegiatanpendidikanIslam.ImamAl- GhazalidalamKitab AyyuhalWaladmencoba mengajakumatmanusia untuk memahamiajarantasawuf sesuaidenganhakikattasawufitusendiri.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/6143/pdf
dc.rights Copyright (c) 2017 Prosiding Pendidikan Agama Islam
dc.source Prosiding Pendidikan Agama Islam; Vol 3, No 1, Pendidikan Agama Islam (Februari, 2017); 62-66
dc.source Prosiding Pendidikan Agama Islam; Vol 3, No 1, Pendidikan Agama Islam (Februari, 2017); 62-66
dc.source 2460-6413
dc.subject Islamic Education
dc.subject akhlak, al ghazali, ayyuhal walad.
dc.subject Pendidikan Agama Islam
dc.subject akhlak, alghazali, ayyuhal walad
dc.title Pendidikan Akhlak pada Anak Perspektif Imam Al Ghazali (Analisis Pendidikan Akhlak terhadap Nasehat Imam Al Ghazali dalam Kitab Ayyuhal Walad)
dc.title Pendidikan Akhlak pada Anak Perspektif Imam Al Ghazali (Analisis Pendidikan Akhlak terhadap Nasehat Imam Al Ghazali dalam Kitab Ayyuhal Walad)
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Qualitative
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account