Universitas Islam Bandung Repository

Studi Deskriptif tentang Strategi Peningkatan Hafalan Qur’an melalui Gerakan Madrasah Menghafal Al-Qur’an di MAN 2 Bandung

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor
dc.creator Nurmila, Nina
dc.creator Erhamwilda, Erhamwilda
dc.creator Rasyid, Rasyid
dc.date 2017-01-26
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/6201
dc.description Dalam menghafal Al-Qur’an ternyata berhadapan dengan kendala, mulai dari waktu yang tersedia, tingkat kemampuan siswa dalam menghafal, hingga hilangnya hafalan yang sudah ada sebelumnya. Banyak tempat-tempat tahfidz untuk meningkatkan hafalan Al-Qur’an namun tidak berhasil, MAN 2 Bandung mengembangkan hafalan Qur’an melalui gerakan madrasah menghafal Al-Qur’an dengan maju. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi menghafal Al-Qur’an  yang di gunakan di MAN 2 Bandung melalui: (1) latar belakang program gerakan madrasah menghafal Al-Qur’an, (2) proses yang di lakukan dalam peningkatan hafalan Al-Qur’an oleh guru di MAN 2 Bandung, (3) faktor pendukung keberhasilan program gerakan madrasah menghafal Al-Qur’an di MAN2 Bandung, (4) faktor penghambat keberhasilan program gerakan madrasah menghafal Al-Qur’an di MAN 2 Bandung, (5) hasil hafalan Qur’an melalui program gerakan madrasah menghafal Al-Qur’an di MAN 2 Bandung. Metode penelitian yang di gunakan adalah  kualitatif deskriptif, metode ini tidak hanya mengumpulkan data, tetapi di sertai kegiatan mengelola dan analisis data sehingga menghasilkan kesimpulan dan saran tindak lanjutnya. Hasil peningkatan hafalan Qur’an melalui gerakan madrasah menghafal Al-Qur’an di MAN 2 Bandung sudah cukup baik hal tersebut bisa di lihat dari jumlah wisudawan 50% lebih besar dari 40 % yang tidak mengikuti wisuda dan yang lain tidak mengikuti  wisuda karena sudah fokus untuk persiapan ujian nasional. In the Al-Quran memorizing turns dealing with problems, ranging from the time available, the level of students' ability to memorize, to the loss of pre-existing rote. Many places Tahfidz to improve memorization of the Qur'an but did not succeed, MAN 2 Bandung develop Qur'an memorization through madrassas movement memorize the Qur'an with advanced. The purpose of this study was to determine a strategy to memorize the Qur'an that is in use in MAN 2 Bandung about: (1) background program madrasa movement memorize the Qur'an, (2) the process will be undertaken in improving the recitation of the Qur'an by a teacher in MAN 2 Bandung, (3) factors supporting the program's success madrasa movement memorize the Qur'an in man2 Bandung, (4) factors inhibiting the success of the program madrasa movement memorize the Qur'an at the MAN 2 Bandung, (5) the Qur'an memorization through movement program madrasah memorize the Qur'an at the MAN 2 Bandung. The research method used was qualitative descriptive, this method not only collect data, but accompanied the activities of managing and analyzing data so as to produce conclusions and recommendations are being continued. The resulting increase in Qur'an memorization through madrassas movement memorize the Qur'an at the MAN 2 Bandung is good enough it can be seen from the number of graduates 50% greater than 40% that do not follow graduation and the others did not follow the graduation because they focus for the preparation of the national exam.
dc.description Dalam menghafal Al-Qur’an ternyata berhadapan dengan kendala, mulai dari waktu yang tersedia, tingkat kemampuan siswa dalam menghafal, hingga hilangnya hafalan yang sudah ada sebelumnya. Banyak tempat-tempat tahfidz untuk meningkatkan hafalan Al-Qur’an namun tidak berhasil, MAN 2 Bandung mengembangkan hafalan Qur’an melalui gerakan madrasah menghafal Al-Qur’an dengan maju. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi menghafal Al-Qur’an  yang di gunakan di MAN 2 Bandung melalui: (1) latar belakang program gerakan madrasah menghafal Al-Qur’an, (2) proses yang di lakukan dalam peningkatan hafalan Al-Qur’an oleh guru di MAN 2 Bandung, (3) faktor pendukung keberhasilan program gerakan madrasah menghafal Al-Qur’an di MAN2 Bandung, (4) faktor penghambat keberhasilan program gerakan madrasah menghafal Al-Qur’an di MAN 2 Bandung, (5) hasil hafalan Qur’an melalui program gerakan madrasah menghafal Al-Qur’an di MAN 2 Bandung. Metode penelitian yang di gunakan adalah  kualitatif deskriptif, metode ini tidak hanya mengumpulkan data, tetapi di sertai kegiatan mengelola dan analisis data sehingga menghasilkan kesimpulan dan saran tindak lanjutnya. Hasil peningkatan hafalan Qur’an melalui gerakan madrasah menghafal Al-Qur’an di MAN 2 Bandung sudah cukup baik hal tersebut bisa di lihat dari jumlah wisudawan 50% lebih besar dari 40 % yang tidak mengikuti wisuda dan yang lain tidak mengikuti  wisuda karena sudah fokus untuk persiapan ujian nasional.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/6201/pdf
dc.rights Copyright (c) 2017 Prosiding Pendidikan Agama Islam
dc.source Prosiding Pendidikan Agama Islam; Vol 3, No 1, Pendidikan Agama Islam (Februari, 2017); 98-103
dc.source Prosiding Pendidikan Agama Islam; Vol 3, No 1, Pendidikan Agama Islam (Februari, 2017); 98-103
dc.source 2460-6413
dc.subject Islamic Education
dc.subject Memorizing the Qur'an, Qur'an memorization strategies
dc.subject Pendidikan Agama Islam
dc.subject Menghafal Al-Qur’an, strategi hafalan Qur’an
dc.title Studi Deskriptif tentang Strategi Peningkatan Hafalan Qur’an melalui Gerakan Madrasah Menghafal Al-Qur’an di MAN 2 Bandung
dc.title Studi Deskriptif tentang Strategi Peningkatan Hafalan Qur’an melalui Gerakan Madrasah Menghafal Al-Qur’an di MAN 2 Bandung
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Qualitative
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account