Universitas Islam Bandung Repository

Efektivitas Metode Cordobana untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas V di SDN 2 Sudimampir Bandung Barat Tahun Akademik 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor
dc.creator Nurhakim, Haditsa Qur'ani
dc.creator Saepudin, Aep
dc.creator Alhamuddin, Alhamuddin
dc.date 2017-01-26
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/6165
dc.description Abstrak. Kemampuan membaca Al-Qur’an secara fasih (benar) merupakan hal mendasar yang harus dimiliki setiap muslim. Rendahnya kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di sekolah dasar dipengaruhi oleh metode dan cara mengajar guru dan motivasi siswa yang rendah . Oleh karena itu, melalui penerapan metode cordobana diharapkan dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan menggunakan metode cordobana. Penelitian ini dilakukan di kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Sudimampir dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, tes dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan wilcoxon dengan bantuan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode cordobana mampu meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa secara signifikan. Rekomendasi kepada peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian lebih lanjut dan komprehensif tentang tema meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an.Abstract. The Ability of reading Quran accurately is fundamental for everyone Muslims. The lack of ability in reading Quran of elementary school students is affected by in appropriate teachers' teaching methods and students’ low motivation. Therefore, by using the Cordobana methods is expected to improve students’ ability in reading Qur'an. This research aims to know the improvement of students’ ability in reading Qur'an by using Cordobana methods. This research was conducted at the fifth grade of State Elementary School 2 Sudimampir Bandung Barat by using a quantitative approach with quasi experimental methods. Data was collected through interviews, observation, test and documentation. The data were analyzed by using wilcoxon with SPSS 22. The results of analysis indicated that the implementation of Cordobana method were able to improve students' ability in reading Qur'an significantly. It’s suggested to next researchers to do further investigation related to this topic more deeply and comprehensively.     
dc.description Kemampuan membaca Al-Qur’an secara fasih (benar) merupakan hal mendasar yang harus dimiliki setiap muslim. Rendahnya kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di sekolah dasar dipengaruhi oleh metode dan cara mengajar guru dan motivasi siswa yang rendah . Oleh karena itu, melalui penerapan metode cordobana diharapkan dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan menggunakan metode cordobana. Penelitian ini dilakukan di kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Sudimampir dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, tes dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan wilcoxon dengan bantuan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode cordobana mampu meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa secara signifikan. Rekomendasi kepada peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian lebih lanjut dan komprehensif tentang tema meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. 
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/6165/pdf
dc.rights Copyright (c) 2017 Prosiding Pendidikan Agama Islam
dc.source Prosiding Pendidikan Agama Islam; Vol 3, No 1, Pendidikan Agama Islam (Februari, 2017); 76-80
dc.source Prosiding Pendidikan Agama Islam; Vol 3, No 1, Pendidikan Agama Islam (Februari, 2017); 76-80
dc.source 2460-6413
dc.subject Islamic Education
dc.subject Reading, the Qur’an, Cordobana method, Ability
dc.subject Pendidikan Agama Islam
dc.subject Membaca, Al-Qur’an, Metode Cordobana, Kemampuan.
dc.title Efektivitas Metode Cordobana untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas V di SDN 2 Sudimampir Bandung Barat Tahun Akademik 2016/2017
dc.title Efektivitas Metode Cordobana untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas V di SDN 2 Sudimampir Bandung Barat Tahun Akademik 2016/2017
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Qualitative
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account