Universitas Islam Bandung Repository

Pengelolaan Pembelajaran Tahsin Al Qur’an dengan Sistem Halaqah (Studi Deskriptif di Kelas VII SMP Hikmah Teladan

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor
dc.creator Putri, Kania Eka
dc.creator Halimi, Agus
dc.date 2017-01-25
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/6105
dc.description SMP Hikmah Teladan merupakan sekolah yang memperhatikan pentingnya membaca Al Qur’an dengan baik dan benar. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka diadakanlah pembelajaran tahsin Al Qur’an dengan menggunakan sistem yang menunjang, yaitu sistem halaqah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengelolaan Pembelajaran Tahsin Al Qur’an di SMP Hikmah Teladan yang mencakup perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran. Metode yang digunakan adalah metode deksriptif analitik dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa pada tahap perencanaan, semua tim tahsin menyusun program tahunan, program semester, silabus dan RPP serta pengelolaan siswa yang dikelompokan berdasar kemampuan. Pelaksanaan pembelajaran tahsin, mencakup kegiatan pendahuluan dengan menyiapkan peserta didik dan membaca Al Qur’an. kegiatan inti,guru menggunakan media, metode, dan pendekatan yang berbeda pada setiap halaqahnya disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik, kegiatan penutup dengan penilaian, penugasan, dan doa. Penilaian pembelajaran yang terkait dengan proses, menyangkut kepada tiga aspek pendidikan, yaitu akhlak, tilawah Al Qur’an dan penugasan. Adapun penilaian hasil pembelajaran adalah dengan ujian tengah semester dan ujian akhir semester.  SMP Hikmah Teladan is a school that takes into account the importance of reading the Qur'an properly. To achieve these objectives, it was held Tahsin Al Qur’an lesson by using a support system, namely halaqah system. The purpose of this research is how to manage the Tahsin Al Qur’an learning in SMP Hikmah Teladan : which includes planning, implementation and assessment of learning. The method used is descriptive analytical method using a qualitative approach. The results of this research are : at the planning stage, all teams tahsin preparing the annual program, the semester program, syllabus and lesson plans and students are grouped based management capabilities. The Implementation of Tahsin lesson is include preliminary activities to prepare students and reading the Qur'an. In core activities, the teacher use a media, methods, and approaches on each halaqah tailored to the needs and characteristics of students. cover with assessment activities, assignments, and prayer. Learning assessment concerning the three aspects of education, namely morality, recitations of the Qur'an and assignments. The assessment of learning outcomes are midterm exam and final exam. 
dc.description SMP Hikmah Teladan merupakan sekolah yang memperhatikan pentingnya membaca Al Qur’an dengan baik dan benar. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka diadakanlah pembelajaran tahsin Al Qur’an dengan menggunakan sistem yang menunjang, yaitu sistem halaqah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengelolaan Pembelajaran Tahsin Al Qur’an di SMP Hikmah Teladan yang mencakup perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran. Metode yang digunakan adalah metode deksriptif analitik dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa pada tahap perencanaan, semua tim tahsin menyusun program tahunan, program semester, silabus dan RPP serta pengelolaan siswa yang dikelompokan berdasar kemampuan. Pelaksanaan pembelajaran tahsin, mencakup kegiatan pendahuluan dengan menyiapkan peserta didik dan membaca Al Qur’an. kegiatan inti,guru menggunakan media, metode, dan pendekatan yang berbeda pada setiap halaqahnya disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik, kegiatan penutup dengan penilaian, penugasan, dan doa. Penilaian pembelajaran yang terkait dengan proses, menyangkut kepada tiga aspek pendidikan, yaitu akhlak, tilawah Al Qur’an dan penugasan. Adapun penilaian hasil pembelajaran adalah dengan ujian tengah semester dan ujian akhir semester. 
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/6105/pdf
dc.rights Copyright (c) 2017 Prosiding Pendidikan Agama Islam
dc.source Prosiding Pendidikan Agama Islam; Vol 3, No 1, Pendidikan Agama Islam (Februari, 2017); 23-28
dc.source Prosiding Pendidikan Agama Islam; Vol 3, No 1, Pendidikan Agama Islam (Februari, 2017); 23-28
dc.source 2460-6413
dc.subject Islamic Education
dc.subject Management, Tahsin, Halaqah System
dc.subject Pendidikan Agama Islam
dc.subject Pengelolaan, Tahsin, Sistem Halaqah
dc.title Pengelolaan Pembelajaran Tahsin Al Qur’an dengan Sistem Halaqah (Studi Deskriptif di Kelas VII SMP Hikmah Teladan
dc.title Pengelolaan Pembelajaran Tahsin Al Qur’an dengan Sistem Halaqah (Studi Deskriptif di Kelas VII SMP Hikmah Teladan
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Qualitative
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account