Universitas Islam Bandung Repository

Hubungan antara Kampanye Iklan dengan Brand Positioning

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor
dc.creator Hizkia, Nurmala
dc.date 2017-01-24
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/5635
dc.description Abstract.Marketing communications have a very important role in the company to imaging the brand. Advertising campaign is part of marketing communications. Advertising campaign could make a positioning with the image intension in the company, make a perception or value until the segmented customer  figure out what the company has offered to them, or realizing the brand in comparation with the brand competitor itself. Pond's applying the advertising campaign in their product with one big theme namely #WajahIndonesiaBaru. This campaign built in to preserve Pond's brand positioning. This research is aiming to find out the correlation between the steps, which is awareness step, attitude step and action step in the #WajahBaruIndonesia advertising campaign with the brand positioning product itself. This research is using quantitative method with correlational approach. Data collection technique gathered from questionnaire spreading and literature study.The result of this research showing that there's a correlation between advertising campaign and the product brand positioning. In order to every steps as between awareness step and attitude step there's a significant correlation, where as advertising campaign #WajahBaruIndonesia for the action step is having a substantial correlation.Abstrak.Komunikasi pemasaran mempunyai peran yang sangat penting bagi perusahaan untuk melakukan pencitraan (image) atas suatu merk tertentu. Salah satu bentuk dari komunikasi pemasaran adalah kampanye iklan. Kampanye iklan dapat membentuk sebuah positioning perusahaan yang merancang suatu citra, persepsi atau nilai sehingga konsumen dalam segmen sasaran memahami apa yang ditawarkan perusahaan atau merek jika dibandingkan dengan para pesaingnya. Pond’s menggunakan kampanye iklan dengan menggunakan satu tema besar yaitu #WajahBaruIndonesia untuk terus mempertahankan brand positioning  dari Pond’s itu sendiri. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara kampanye iklan dengan brand positioning produk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara tahap awareness, tahap attitude dan tahap action dalam kampanye iklan #WajahBaruIndonesia dengan Brand Positioning Pond’s. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket (kuesioner) dan studi kepustakaan.  Adapun hasil dalam penelitian ini diketahui bahwa terdapat hubungan antara kampanye iklan dengan brand positioning produk dimana pada setiap tahapan yaitu tahap awareness dan tahap attitude memiliki hubungan yang cukup berarti sedangkan untuk tahap action, kampanye iklan #WajahBaruIndonesia memiliki hubungan yang kuat.
dc.description Komunikasi pemasaran mempunyai peran yang sangat penting bagi perusahaan untuk melakukan pencitraan (image) atas suatu merk tertentu. Salah satu bentuk dari komunikasi pemasaran adalah kampanye iklan. Kampanye iklan dapat membentuk sebuah positioning perusahaan yang merancang suatu citra, persepsi atau nilai sehingga konsumen dalam segmen sasaran memahami apa yang ditawarkan perusahaan atau merek jika dibandingkan dengan para pesaingnya. Pond’s menggunakan kampanye iklan dengan menggunakan satu tema besar yaitu #WajahBaruIndonesia untuk terus mempertahankan brand positioning  dari Pond’s itu sendiri. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara kampanye iklan dengan brand positioning produk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara tahap awareness, tahap attitude dan tahap action dalam kampanye iklan #WajahBaruIndonesia dengan Brand Positioning Pond’s. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket (kuesioner) dan studi kepustakaan.  Adapun hasil dalam penelitian ini diketahui bahwa terdapat hubungan antara kampanye iklan dengan brand positioning produk dimana pada setiap tahapan yaitu tahap awareness dan tahap attitude memiliki hubungan yang cukup berarti sedangkan untuk tahap action, kampanye iklan #WajahBaruIndonesia memiliki hubungan yang kuat.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/5635/pdf
dc.rights Copyright (c) 2017 Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 3, No 1, Prosiding Hubungan Masyarakat (Februari, 2017); 42-47
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 3, No 1, Prosiding Hubungan Masyarakat (Februari, 2017); 42-47
dc.source 2460-6510
dc.subject Hubungan Masyarakat
dc.subject Campaign, Advertising, Brand Positioning
dc.subject Hubungan Masyarakat
dc.subject Kampanye, Iklan, Brand Positioning
dc.title Hubungan antara Kampanye Iklan dengan Brand Positioning
dc.title Hubungan antara Kampanye Iklan dengan Brand Positioning
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Hubungan Masyarakat [793]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Hubungan Masyarakat

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account