Universitas Islam Bandung Repository

Perencanaan Komunikasi Go-jek dalam Membangun Brand Image Tukang Ojek

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor
dc.creator Pikatan, Puteri Dara
dc.creator Oesman, Maya Amalia
dc.date 2017-01-26
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/6200
dc.description Abstract.Much speculation emerged regarding motorcycle ranging from worries about security when using taxis and misgivings arising from the motorcycle because the motorcycle that looks fierce appearance or image that is raised by driving the motorcycle itself. The purpose of this study is to determine the communication planning through training "Go-jek Smart Street Program" in PT. Go-jek in building the brand image of motorcycle taxi drivers. To find barriers in the communication planning through training "Go-jek Smart Street Program" in PT. Go-jek in building the brand image of motorcycle taxi drivers. To know the evaluation of communications applications through training motorcycle taxi driver "Go-jek Smart Street Program" in PT. Go-jek in building the brand image of motorcycle taxi drivers. This study uses a case study approach, the design of case studies used in this research is the design of a single case where the holistic analysis include communications planning through training "Go-jek Smart Street Program" in PT. Go-jek in building the brand image of motorcycle taxi drivers. Data collection methods used in this research are the interviews, observation, and literature study. Data are analyzed using triangulation data. These results indicate that communication planning through training "Go-jek Smart Street Program" in PT. Go-jek in building brand image of motorcycle taxi drivers which companies create training "Go-jek Smart Street Program" is to form a view of the driver of the Go-jek company's, understand the work environment, the company adhere to the mechanism. It's that required SPV trainer provides material on the Go-jek to the drivers need to use communication strategies that are easy to understand and be understood by the drivers.Abstrak.Banyak spekulasi bermunculan mengenai ojek mulai dari rasa khawatir akan keamanan saat menggunakan ojek dan juga perasaan was-was yang timbul dari pengguna ojek karena penampilan ojek yang terlihat garang ataupun image yang dimunculkan oleh supir ojek itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan komunikasi melalui kegiatan pelatihan “Go-jek Smart Street Program” di PT. Go-jek dalam membangun Brand Image tukang ojek. Untuk mengetahui hambatan dalam perencanaan komunikasi melalui kegiatan pelatihan “Go-jek Smart Street Program” di PT. Go-jek dalam membangun Brand Image tukang ojek. Untuk mengetahui evaluasi aplikasi komunikasi tukang ojek melalui kegiatan pelatihan “Go-jek Smart Street Program” di PT. Go-jek dalam membangun Brand Image tukang ojek. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus, desain studi kasus yang digunakan pada penelitian ini adalah desain kasus tunggal holistik yang mana analisisnya mencakup perencanaan komunikasi melalui kegiatan pelatihan “Go-jek Smart Street Program” di PT. Go-jek dalam membangun brand image tukang ojek. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode, wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perencanaan komunikasi melalui kegiatan pelatihan “Go-jek Smart Street Program” di PT. Go-jek dalam membangun Brand Image tukang ojek yaitu perusahaan menciptakan kegiatan pelatihan “Go-jek Smart Street Program” adalah untuk membentuk pandangan driver Go-jek terhadap perusahaan Go-jek, memahami lingkungan kerja, mematuhi mekanisme perusahaan. Hal ini yang mengharuskan SPV trainer memberikan materi mengenai Go-jek kepada para driver harus dengan menggunakan strategi komunikasi yang mudah dimengerti dan dipahami oleh para driver-nya.
dc.description Banyak spekulasi bermunculan mengenai ojek mulai dari rasa khawatir akan keamanan saat menggunakan ojek dan juga perasaan was-was yang timbul dari pengguna ojek karena penampilan ojek yang terlihat garang ataupun image yang dimunculkan oleh supir ojek itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan komunikasi melalui kegiatan pelatihan “Go-jek Smart Street Program” di PT. Go-jek dalam membangun Brand Image tukang ojek. Untuk mengetahui hambatan dalam perencanaan komunikasi melalui kegiatan pelatihan “Go-jek Smart Street Program” di PT. Go-jek dalam membangun Brand Image tukang ojek. Untuk mengetahui evaluasi aplikasi komunikasi tukang ojek melalui kegiatan pelatihan “Go-jek Smart Street Program” di PT. Go-jek dalam membangun Brand Image tukang ojek. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus, desain studi kasus yang digunakan pada penelitian ini adalah desain kasus tunggal holistik yang mana analisisnya mencakup perencanaan komunikasi melalui kegiatan pelatihan “Go-jek Smart Street Program” di PT. Go-jek dalam membangun brand image tukang ojek. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode, wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perencanaan komunikasi melalui kegiatan pelatihan “Go-jek Smart Street Program” di PT. Go-jek dalam membangun Brand Image tukang ojek yaitu perusahaan menciptakan kegiatan pelatihan “Go-jek Smart Street Program” adalah untuk membentuk pandangan driver Go-jek terhadap perusahaan Go-jek, memahami lingkungan kerja, mematuhi mekanisme perusahaan. Hal ini yang mengharuskan SPV trainer memberikan materi mengenai Go-jek kepada para driver harus dengan menggunakan strategi komunikasi yang mudah dimengerti dan dipahami oleh para driver-nya.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/6200/pdf
dc.rights Copyright (c) 2017 Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 3, No 1, Prosiding Hubungan Masyarakat (Februari, 2017); 176-183
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 3, No 1, Prosiding Hubungan Masyarakat (Februari, 2017); 176-183
dc.source 2460-6510
dc.subject Hubungan Masyarakat
dc.subject Communications Planning, Barriers, Evaluation Applications, Case Study, Brand Image
dc.subject PUBLIC RELATIONS
dc.subject PERENCANAAN KOMUNIKASI
dc.title Perencanaan Komunikasi Go-jek dalam Membangun Brand Image Tukang Ojek
dc.title Perencanaan Komunikasi Go-jek dalam Membangun Brand Image Tukang Ojek
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type kualitatif
dc.type STUDI KASUS


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Hubungan Masyarakat [793]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Hubungan Masyarakat

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account