Universitas Islam Bandung Repository

Penetapan Kadar Flavonoid Total dan Aktivitas Antioksidan dari Ekstrak dan Fraksi Daun Sembung Rambat (Mikania micrantha Kunth)

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor
dc.creator Apriandi, Randi
dc.creator Lukmayani, Yani
dc.creator Kodir, Reza Abdul
dc.date 2016-08-11
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/farmasi/article/view/4383
dc.description Abstract. A research had been done about the total flavonoid and antioxidant activity in mikania vines (Mikania micrantha Kunth), using UV-visible spectrophotometry method. mikania creepage extracted by maceration using ethanol 96%. Sembung leaves extract obtained vines, fractionation is done by means of liquid- liquid extraction using a solvent of water, ethyl acetate and n-hexane. Ekstract and fractions obtained, total flavonoid assay performed using UV-visible spectrophotometry and antuoxodant activity with DPPH. The results obtained by the total flavonoid content of extract of 1,175%, the fraction of nhexane at 0,053%, ethyl acetate fraction amounted to 1,105%, and the water fraction of 0,543% and the antioxidant activity of the extract obtained 5,93%, n-hexane fraction 46,27%. 19,25% ethyl acetate fraction and water fraction amounted to 23, 34%.Abstrak. Telah dilakukan penelitian mengenai penetapan kadar flavonoid total dan aktivitas antioksidan di dalam daun sembung rambat (Mikania micrantha Kunth), menggunakan metode spektrofotometri UVsinar tampak. Daun sembung rambat diekstraksi dengan cara maserasi menggunakan pelarut etanol 96%. Ekstrak daun sembung rambat yang didapat, dilakukan fraksinasi dengan cara ekstraksi cair-cair menggunakan pelarut air, etil asetat, dan n-heksan. Ekstrak dan fraksi yang didapat, dilakukan penetapan kadar flavonoid totalnya menggunakan spektrofotometri UV-sinar tampak dan aktivitas antioksidan dengan peredaman DPPH. Hasil penelitian diperoleh kadar flavonoid total dari ekstrak sebesar 1,175%, fraksi n-heksan sebesar 0,053%, fraksi etil asetat sebesar 1,105, dan fraksi air sebesar 0,543% dan hasil aktivitas antioksidan dari ekstrak diperoleh 5,93%, fraksi n-heksan 46,27%. Fraksi etil asetat 19,25% dan fraksi air sebesar 23,34%.
dc.description Telah dilakukan penelitian mengenai penetapan kadar flavonoid total dan aktivitas antioksidan di dalam daun sembung rambat (Mikania micrantha Kunth), menggunakan metode spektrofotometri UV- sinar tampak. Daun sembung rambat diekstraksi dengan cara maserasi menggunakan pelarut etanol 96%. Ekstrak daun sembung rambat yang didapat, dilakukan fraksinasi dengan cara ekstraksi cair-cair menggunakan pelarut air, etil asetat, dan n-heksan. Ekstrak dan fraksi yang didapat, dilakukan penetapan kadar flavonoid totalnya menggunakan spektrofotometri UV-sinar tampak dan aktivitas antioksidan dengan peredaman DPPH. Hasil penelitian diperoleh kadar flavonoid total dari ekstrak sebesar 1,175%, fraksi n-heksan sebesar 0,053%, fraksi etil asetat sebesar 1,105, dan fraksi air sebesar 0,543% dan hasil aktivitas antioksidan dari ekstrak diperoleh 5,93%, fraksi n-heksan 46,27%. Fraksi etil asetat 19,25% dan fraksi air sebesar 23,34%
dc.language id
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.rights Copyright (c) 2016 Prosiding Farmasi
dc.source Prosiding Farmasi; Vol 2, No 2, Prosiding Farmasi (Agustus, 2016); 903-908
dc.source Prosiding Farmasi; Vol 2, No 2, Prosiding Farmasi (Agustus, 2016); 903-908
dc.source 2460-6472
dc.subject
dc.subject
dc.subject farmasi bahan alam
dc.subject Flavonoid, spektrofotometri uv sinar tampak, antioksidan
dc.title Penetapan Kadar Flavonoid Total dan Aktivitas Antioksidan dari Ekstrak dan Fraksi Daun Sembung Rambat (Mikania micrantha Kunth)
dc.title Penetapan Kadar Flavonoid Total dan Aktivitas Antioksidan dari Ekstrak dan Fraksi Daun Sembung Rambat (Mikania micrantha Kunth)
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type
dc.type spektrofotometri UV-Vis, ekstraksi cair-cair


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account