Universitas Islam Bandung Repository

Telaah Kandungan Asam Lemak dari Minyak Kacang Merah (Phaseolus vulgaris L.) dan Minyak Kacang Kapri (Pisum sativum L.)

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor
dc.creator Deviani, Tiara
dc.creator Maulana, Indra Topik
dc.creator Kodir, Reza Abdul
dc.date 2016-08-11
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/farmasi/article/view/3877
dc.description Abstract. Red beans and peas are a type of bean that are consumed by many people and easily find in traditional markets. One of red beans and peas chemical substance are fat. Generally, the plants are content three fatty acids which are predominantly palmitic acid, oleic acid and linoleic acid. Therefore the aim of this research is to analyze the content of vegetable oils which contained in red beans and peas and to analyze the potential benefits arising from both the nut. The nuts were made become plant material (simplisia), the oil was extracted by soxhlet apparatus from simplisia. The yield obtained from red beans oil were 0.44% and pea oil were 1.25%. The results of the analysis of Gas Chromatography - Mass Spectroscopy (GC-MS) showed that red bean oils containing linolenic acid (omega-3) oil by 40%, while peas contain linoleic acid (omega-6) amounted to 29.87%.Abstrak. Kacang merah dan kacang kapri merupakan jenis kacang yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat dan mudah diperoleh di pasar-pasar tradisional. Salah satu komponen dari kacang merah dan kacang kapri adalah lemak. Pada umumnya dalam tanaman terdapat 3 asam lemak yang dominan yaitu asam palmitat, asam oleat dan asam linoleat. Oleh karena itu tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk menganalisis kandungan minyak nabati yang terdapat dalam kacang merah dan kacang kapri serta menelaah potensi manfaat yang muncul dari kedua kacang tersebut. Penelitian ini diawali dengan pembuatan simplisia dan dilakukan uji mutu simplisia, selanjutnya dilakukan proses ekstraksi minyak menggunakan alat soxhlet. Rendemen yang diperoleh dari minyak kacang merah adalah 0,44% dan minyak kacang kapri adalah 1,25%. Hasil analisis Kromatografi Gas – Spektroskopi Massa (KG-SM) memperlihatkan bahwa minyak kacang merah mengandung asam linolenat (omega-3) sebesar 40% sedangkan minyak kacang kapri mengandung asam linoleat (omega-6) sebesar 29,87%.
dc.description Kacang merah dan kacang kapri merupakan jenis kacang yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat dan mudah diperoleh di pasar-pasar tradisional. Salah satu komponen dari kacang merah dan kacang kapri adalah lemak. Pada umumnya dalam tanaman terdapat 3 asam lemak yang dominan yaitu asam palmitat, asam oleat dan asam linoleat. Oleh karena itu tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk menganalisis kandungan minyak nabati yang terdapat dalam kacang merah dan kacang kapri serta menelaah potensi manfaat yang muncul dari kedua kacang tersebut. Penelitian ini diawali dengan pembuatan simplisia dan dilakukan uji mutu simplisia, selanjutnya dilakukan proses ekstraksi minyak menggunakan alat soxhlet. Rendemen yang diperoleh dari minyak kacang merah adalah 0,44% dan minyak kacang kapri adalah 1,25%. Hasil analisis Kromatografi Gas – Spektroskopi Massa (KG-SM) memperlihatkan bahwa minyak kacang merah mengandung asam linolenat (omega-3) sebesar 40% sedangkan minyak kacang kapri mengandung asam linoleat (omega-6) sebesar 29,87%. 
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/farmasi/article/view/3877/pdf
dc.rights Copyright (c) 2016 Prosiding Farmasi
dc.source Prosiding Farmasi; Vol 2, No 2, Prosiding Farmasi (Agustus, 2016); 184-189
dc.source Prosiding Farmasi; Vol 2, No 2, Prosiding Farmasi (Agustus, 2016); 184-189
dc.source 2460-6472
dc.subject Proceedings of Pharmacy
dc.subject red beans, pea, fatty acid, GC-MS.
dc.subject Farmasi
dc.subject kacang merah, kacang kapri, asam lemak, KG-SM
dc.title Telaah Kandungan Asam Lemak dari Minyak Kacang Merah (Phaseolus vulgaris L.) dan Minyak Kacang Kapri (Pisum sativum L.)
dc.title Telaah Kandungan Asam Lemak dari Minyak Kacang Merah (Phaseolus vulgaris L.) dan Minyak Kacang Kapri (Pisum sativum L.)
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Qualitative
dc.type kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account