Universitas Islam Bandung Repository

Pengembangan Metode Baru Analisis Zat Aktif Parasetamol Menggunakan Ekstrak Braktea Bougenvil (Bougainvillea spectabilis Chois.)

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor
dc.creator Septiani, Riri Indri
dc.creator Aprilia, Hilda
dc.creator Sadiyah, Esti Rachmawati
dc.date 2016-08-11
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/farmasi/article/view/4181
dc.description Abstract. The research was aimed to develop novel methods for paracetamol colorimetric analysis by using Bougainvillea spectabilis bract extract as a safe and natural chemical reagent. Fresh raw material and extracts was prepared for alkaloid screening test. Extraction was done by maceration, and the stability of the extract was tested on pH 3 and 8 for 3 weeks at a temperature of 5-15℃ with or without light exposure. Optimization of reagent was prepared at a concentration of 0,1%; 0,2 0,3%; 0,4% and 0,5%. Accuracy, precision, linearity, limit of detection and quantitation limit was the validation parameter performed. The screening results showed that extracts and fresh bract positive contained alkaloids. At a concentration of 0,2% mixture of the extract solution with paracetamol gave optimum results with a maximum wavelength of 416 nm. Extract was more stable in acid condition with 1% ascorbic acid without exposure to light because it could maintain greatest color retention that was equal to 89.572% on extracts stability test. The requirement of analytical method validation with accuracy result 97,783%-99,035%; precision, RSD (Relativ Standard Deviation) 1,292%; and linierity, Vx0 1,557%.Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk dapat dikembangkan metode baru analisis kolorimetri parasetamol dengan memanfaatkan ekstrak braktea Bougainvillea spectabilis sebagai pereaksi kimia alami yang lebih aman. Simplisia segar dan ekstrak disiapkan untuk uji penapisan alkaloid. Ekstraksi dilakukan dengan cara maserasi, dan hasil ekstrak diuji stabilitasnya pada pH 3 dan 8 selama 3 minggu pada suhu 5-15  dengan atau tanpa paparan cahaya. Optimasi reagen dilakukan pada konsentrasi 0,1%; 0,2%; 0,3%; 0,4% dan 0,5%. Parameter validasi metode yang dilakukan yaitu akurasi, presisi, linieritas, batas deteksi, dan batas kuantitasi. Hasil penapisan menunjukkan bahwa ekstrak dan braktea segar positif mengandung alkaloid. Pada konsentrasi 0,2% campuran larutan ekstrak dengan parasetamol memberikan hasil yang optimum dengan panjang gelombang maksimum 416 nm. Ekstrak lebih stabil pada suasana asam dengan penambahan asam askorbat 1% tanpa paparan dari cahaya karena dapat mempertahankan (retensi) warna paling besar yaitu sebesar 89,572% pada uji stabilitas ekstrak. Berdasarkan hasil validasi metode analisis, metode ini dapat digunakan karena memberikan hasil yang baik dengan nilai akurasi pada rentang 97,783%-99,035%; presisi dengan nilai Simpangan Baku Relatif (SBR) sebesar 1,292%; dan linieritas dengan nilai Vx0 (koefesien variansi) sebesar 1,557%.
dc.description Penelitian ini bertujuan untuk dapat dikembangkan metode baru analisis kolorimetri parasetamol dengan memanfaatkan ekstrak braktea Bougainvillea spectabilis sebagai pereaksi kimia alami yang lebih aman. Simplisia segar dan ekstrak disiapkan untuk uji penapisan alkaloid. Ekstraksi dilakukan dengan cara maserasi, dan hasil ekstrak diuji stabilitasnya pada pH 3 dan 8 selama 3 minggu pada suhu 5-15  dengan atau tanpa paparan cahaya. Optimasi reagen dilakukan pada konsentrasi 0,1%; 0,2%; 0,3%; 0,4% dan 0,5%. Parameter validasi metode yang dilakukan yaitu akurasi, presisi, linieritas, batas deteksi, dan batas kuantitasi. Hasil penapisan menunjukkan bahwa ekstrak dan braktea segar positif mengandung alkaloid. Pada konsentrasi 0,2% campuran larutan ekstrak dengan parasetamol memberikan hasil yang optimum dengan panjang gelombang maksimum 416 nm. Ekstrak lebih stabil pada suasana asam dengan penambahan asam askorbat 1% tanpa paparan dari cahaya karena dapat mempertahankan (retensi) warna paling besar yaitu sebesar 89,572% pada uji stabilitas ekstrak. Berdasarkan hasil validasi metode analisis, metode ini dapat digunakan karena memberikan hasil yang baik dengan nilai akurasi pada rentang 97,783%-99,035%; presisi dengan nilai Simpangan Baku Relatif (SBR) sebesar 1,292%; dan linieritas dengan nilai Vx0 (koefesien variansi) sebesar 1,557%.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/farmasi/article/view/4181/pdf
dc.rights Copyright (c) 2016 Prosiding Farmasi
dc.source Prosiding Farmasi; Vol 2, No 2, Prosiding Farmasi (Agustus, 2016); 675-681
dc.source Prosiding Farmasi; Vol 2, No 2, Prosiding Farmasi (Agustus, 2016); 675-681
dc.source 2460-6472
dc.subject
dc.subject
dc.subject kimia farmasi
dc.subject Metode kolorimetri, Bougainvillea spectabilis, parasetamol, validasi.
dc.title Pengembangan Metode Baru Analisis Zat Aktif Parasetamol Menggunakan Ekstrak Braktea Bougenvil (Bougainvillea spectabilis Chois.)
dc.title Pengembangan Metode Baru Analisis Zat Aktif Parasetamol Menggunakan Ekstrak Braktea Bougenvil (Bougainvillea spectabilis Chois.)
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type
dc.type eksperimen laboratorium


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account