Abstract:
Pada era globalisasi saat ini banyak usaha yang sudah ditempuh untuk
mendekatkan siswa dengan Bahasa Inggris, hanya saja sayangnya program
tersebut tidaklah efektif dalam meningkatkan pemahaman Bahasa Inggris siswa.
Oleh karenanya pilihan mempelajari Bahasa Inggris dengan pendekatan
komunikasi interpersonal atau komunikasi antar individu seperti yang diterapkan
dalam Program Kamis Inggris oleh PEMKOT Bandung dapat menjadi solusinya.
Metode penelitian ini adalah deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
indikator kepercayaan diri (confidence) dalam komunikasi antarpribadi
diaplikasikan cukup efektif oleh siswa SMP Negeri 2 Bandung pada program
Pemerintah Kota Bandung bertemakan “Kamis Inggris”. Indikator kebersatuan
(immediacy), Indikator daya pengungkapan (expressiveness), dan Indikator
orientasi ke pihak lain (other orientation) dalam komunikasi antarpribadi
diaplikasikan efektif oleh siswa SMP Negeri 2 Bandung pada program Pemerintah
Kota Bandung bertemakan “Kamis Inggris”. Indikator manajemen interaksi
(interaction management) dalam komunikasi antarpribadi diaplikan tidak terlalu
efektif oleh siswa SMP Negeri 2 Bandung pada program Pemerintah Kota
Bandung bertemakan “Kamis Inggris”.