Universitas Islam Bandung Repository

Pengaruh Layanan Keuangan Berbasis Teknologi (Fintech) terhadap Literasi Keuangan Masyarakat Dago Atas, Bandung

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Ekonomi dan Bisnis
dc.creator Aliyah, Lia Muhibatul
dc.creator Nurdin, Nurdin
dc.date 2019-01-26
dc.date.accessioned 2019-09-13T04:14:01Z
dc.date.available 2019-09-13T04:14:01Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/manajemen/article/view/16002
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/25151
dc.description Abstract. For the financial sector, technological innovation is actually not a new phenomenon. Although internet users in Indonesia are increasing every year, the use of financial technology for access to banking services in Indonesia is still relatively low, this is due to low financial access and low financial literacy. Based on this phenomenon, the problem in this study is the extent to which the influence of technology-based financial services on the financial literacy of the Dago Atas community, Bandung, either partially or simultaneously? This study uses a type of quantitative approach and the type of data used is primary data. The sampling technique used was purposive sampling. The population in this study were the people of Dago Atas, Bandung, which numbered 629 people, the number of samples that could be taken were 86 people. The results showed that there was a positive influence on the perception usefulness and perceptions the ease of use of financial literacy in the Dago Atas community, Bandung. This is evidenced by the calculated F value greater than F table (3.371> 3.11), with a significance value smaller than 0.05 (0.039 <0.05).Keywords: Fintech, Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Financial Literacy Abstrak. Bagi sektor keuangan, inovasi teknologi sebenarnya bukan merupakan fenomena baru. Meskipun pengguna internet di Indonesia meningkat setiap tahunnya, namun pemanfaatan teknologi finansial untuk akses ke layanan perbankan di Indonesia masih relatif rendah, hal ini disebabkan rendahnya akses keuangan dan rendahnya literasi keuangan. Berdasarkan fenomena tersebut, maka permasalahan dalam penelitian ini adalah sejauh mana pengaruh layanan keuangan berbasis teknologi terhadap literasi keuangan masyarakat Dago Atas, Bandung baik secara parsial atau simultan ?. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dan jenis data yang digunakan adalah data primer. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling purposive. Populasi dalam penelitian ini adalah  yaitu masyarakat Dago Atas, Bandung yang berjumlah 629 orang, jumlah sampel yang dapat diambil sebanyak 86 orang. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif Persepsi Kemanfaatan dan Persepsi Kemudahan Penggunaan terhadap Literasi Keuangan pada Masyarakat Dago Atas, Bandung. Hal ini dibuktikan dengan nilai F hitung lebih besar dari F tabel (3,371 > 3,11), dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,039 < 0,05).Kata kunci: Fintech, Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Literasi Keuangan
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/manajemen/article/view/16002/pdf
dc.rights Copyright (c) 2019 Prosiding Manajemen
dc.source Prosiding Manajemen; Vol 5, No 1, Prosiding Manajemen (Februari, 2019); 649-656
dc.source Prosiding Manajemen; Vol 5, No 1, Prosiding Manajemen (Februari, 2019); 649-656
dc.source 2460-6545
dc.subject Manajemen
dc.subject Fintech, Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Literasi Keuangan
dc.title Pengaruh Layanan Keuangan Berbasis Teknologi (Fintech) terhadap Literasi Keuangan Masyarakat Dago Atas, Bandung
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Advanced Search

Browse

My Account