Universitas Islam Bandung Repository

PENGARUH PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING TERHADAP RETURN ON ASSETS ( STUDI KASUS BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA)

Show simple item record

dc.contributor
dc.creator Arsyi, Abi Rafdi
dc.creator AZIB, AZIB
dc.creator Nurdin, Nurdin
dc.date 2015-08-08
dc.date.accessioned 2019-09-13T04:14:01Z
dc.date.available 2019-09-13T04:14:01Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/manajemen/article/view/1242
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/25156
dc.description Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pengungkapan Islamic social reporting terhadap return on assets menggunakan metode analisis deskrptif dan analisis statistik, dengan menggunakan data laporan tahunan dan laporan keuangan yang terdapat pada 8 bank umum syariah dengan periode tahun 2010-2013. Dalam penelitian ini Islamic social reporting (ISR) dihitung dengan indeks ISR yang terdiri dari 6 tema pengungkapan yaitu Keuangan dan Investasi, produk, karywan, sosial, lingkungan dan tata kelola perusahann. Masing-masing tema memiliki item-item penilaian yang totalnya mencapai 48 item penilaian. Sedangkan return on assets (ROA) dihitung dengan laba bersih dibagi total aset bank syariah. Berdasarkan analisis deskriptif menunjukan tingkat pengungkapan ISR tertinggi 2010-2013 adalah Bank syariah Mandiri (BSM) sedangkan tingkat pengungkapan ISR terendah periode 2010-2013 adalah Bank Panin Syariah. Tingkat ROA tertinggi pada periode 2010-2011 adalah Bank Syariah Mandiri Sedangkan 2012-2013 adalah Bank Mega sedangkan ROA terendah periode 2010 adalah Bank Panin Syaraih, periode 2011 adalah Bank BRI, periode 2012-2013 adalah Bank Bukopin Syariah. Berdasarkan  perhitungan yang yang telah dilakukan dengan menggunakan metode analisis regresi sederhana, pengungkapan Islamic social reporting tidak menununjukan signifkan pengaruhnya terhadap  return on assets. Hasil penelitian korelasi secara simultan atau determinasinya antara Islamic social reporting dengan ROA diperoleh r = 0,248. Variabel ROA dijelaskan oleh pengungkapan Islamic social repoting sebesar 6,61 % sedangkan sisanya sebesar 93,39% dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/manajemen/article/view/1242/pdf
dc.source Prosiding Manajemen; Vol 1, No 2, Prosiding Manajemen (Agustus, 2015); 6-16
dc.source Prosiding Manajemen; Vol 1, No 2, Prosiding Manajemen (Agustus, 2015); 6-16
dc.source 2460-6545
dc.subject
dc.subject Social Reporting (ISR), Return On Assets (ROA), Bank Umum Syariah
dc.title PENGARUH PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING TERHADAP RETURN ON ASSETS ( STUDI KASUS BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA)
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Advanced Search

Browse

My Account