Universitas Islam Bandung Repository

Analisis Kualitas Layanan Pendidikan dengan Menggunakan Metode Service Quality dan Diagram Kano untuk Meningkatkan Kepuasan Siswa

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Ekonomi Bisnis
dc.creator Hamzah, Hamzah
dc.creator Aspiranti, Tasya
dc.date 2019-08-09
dc.date.accessioned 2019-09-13T04:14:03Z
dc.date.available 2019-09-13T04:14:03Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/manajemen/article/view/17498
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/25184
dc.description Abstract. This study aims to find out how the quality of current education services at Al-Ukhuwah school in Subang Regency and how the quality of its services using Service quality methods and canoe models. This research method is qualitative descriptive. Data collection techniques used in this study were observations, interviews, and questionnaires. Data analysis techniques used are Service quality methods and canoe models. The results showed that the Service quality used by Al-Ukhuwah school in Subang District currently uses Service quality methods and canoe models with 31 statement attributes, the Service quality used today is not optimal in reducing the number of students in a long time. After doing research using the Service quality method there are 8 attribute statements that still need to be corrected and in the canoe model each of the categories has a different service category. In the category M (must be) there are 14 attributes. In category A (attractive) there are 5 attributes. In the O (one-dimensional) category there are 12.Keywords: Service quality, Service quality method, canoe modelAbstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas layanan pendidikan saat ini pada sekolah Al-Ukhuwah Kabupaten Subang dan bagaimana kualitas layanannya dengan menggunakan metode Service quality dan model Kano. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini observasi, wawancara, dan kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode Service quality dan model Kano. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan yang digunakan sekolah Al-Ukhuwah Kabupaten Subang saat ini menggunakan model metode Service quality dan model Kano dengan jumlah atribut pernyataan sebanyak 31, kualitas pelayanan yang digunakan saat ini belum optimal dalam mengurangi jumlah siswa yang banyak dan waktu lama. Setelah dilakukan penelitian dengan menggunakan metode Service quality terdapat 8 atribut pernyataan yang masih harus diperbaiki dan didalam model Kano masing-masing dari kategori memiliki kategori layanan yang berbeda. Pada kategori M (must be) terdapat 14 atribut. Pada kategori A (attractive) terdapat 5 atribut. Pada kategori O (one-dimensional) terdapat 12.Kata Kunci : kualitas pelayanan, metode Service quality, model Kano
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/manajemen/article/view/17498/pdf
dc.rights Copyright (c) 2019 Prosiding Manajemen
dc.source Prosiding Manajemen; Vol 5, No 2, Prosiding Manajemen (Agustus, 2019); 862-868
dc.source Prosiding Manajemen; Vol 5, No 2, Prosiding Manajemen (Agustus, 2019); 862-868
dc.source 2460-6545
dc.subject Manajemen
dc.subject kualitas pelayanan, metode Service quality, model Kano
dc.title Analisis Kualitas Layanan Pendidikan dengan Menggunakan Metode Service Quality dan Diagram Kano untuk Meningkatkan Kepuasan Siswa
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Advanced Search

Browse

My Account