dc.contributor.author |
RAMDANI, Yani |
|
dc.date.accessioned |
2015-11-19T09:38:22Z |
|
dc.date.available |
2015-11-19T09:38:22Z |
|
dc.date.issued |
2014-06 |
|
dc.identifier.issn |
0215-8175 |
|
dc.identifier.issn |
e-ISSN 2303-2499 |
|
dc.identifier.uri |
http://ejournal.unisba.ac.id/index.php/mimbar/article/view/427#.VkxCPUurC02 |
|
dc.identifier.uri |
http://hdl.handle.net/123456789/1155 |
|
dc.description.abstract |
Artikel ini mengkaji pengaruh penerapan model pembelajaran Scientific Debate terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa. Jenis penelitian adalah kuasi- eksperimen dengan melibatkan 94 mahasiswa. Instrumen penelitian adalah tes Kemampuan Awal Matematis (KAM) dan tes Kemampuan Berpikir Kreatif (KBK). Skor peningkatan kemampuan berpikir kreatif dianalisis dengan uji gain ternormalisasi. Pengaruh penerapan model pembelajaran scientific debate dan konvensional terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif digunakan uji Mann-Whitney U dan Kruskal Wallis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa dengan scientific debate lebih baik dibandingkan dengan konvensional. Rata-rata peningkatan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa dengan scientific debate yang didasarkan pada KAM tidak berbeda secara signifikan. Pada kelas konvesional peningkatan kemampuan berpikir kreatif bergantung kepada kemampuan awal yang dimiliki mahasiswa. Pada pembelajaran scientific debate, perbedaan latar belakang pendidikan mahasiswa tidak memberikan efek yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif, sedangkan pada pembelajaran konvensional memberikan efek yang signifikan. |
en_US |
dc.language.iso |
other |
en_US |
dc.publisher |
Pusat Penerbitan Universitas (P2U) - LPPM Universitas Islam Bandung (UNISBA) |
en_US |
dc.relation.ispartofseries |
MIMBAR: Jurnal Sosial dan Pembangunan;Volume 30, No. 1, Tahun 2014 |
|
dc.subject |
KREATIF |
en_US |
dc.subject |
SCIENTIFIC DEBATE |
en_US |
dc.subject |
MANN-WHITNEY U DAN KRUSKAL WALLIS |
en_US |
dc.title |
Pembelajaran dengan Scientific Debate untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa |
en_US |
dc.type |
Article |
en_US |