Abstract:
Pada prinsipnya, logo merupakan simbol yang mewakili sosok, wajah,
atau eksistensi suatu perusahaan atau produk dari sebuah perusahaan. Selain
membangun citra perusahaan, logo juga sering kali dipergunakan untuk
membangun spirit secara internal di antara komponen yang ada dalam perusahaan
tersebut. Salah satu konsep pembentukan Logo yang sedang marak dalam usaha
kuliner saat ini ialah pemberian karakter-karakter tertentu yang merepresentasikan
pengertian dari Brand itu sendiri. Karena itu tugas dari seorang Public Relations
untuk memahami makna yang terkandung dalam logo itu sendiri,
Berangkat dari persoalan terebut, maka penulis melakukan penelitian
mengenai pemaknaan yang terdapat dalam logo dengan judul Logo Karakter Mie
Reman. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif.
Selain itu, penulis pun memilih pendekatan semiotika Roland Barthes guna
mendeskripsikan makna dari logo Mie Reman. Dengan melakukan analisis secara
denotatif, konotatif dan mitos.
Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui makna denotatif,
makna konotatif dan juga makna mitos yang terdapat dalam logo karakter Mie
Reman. Dengan memfokuskan penelitian pada gambar dan warna yang
ditampilkan pada logo itu sendiri. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, maka
penulis memperoleh muatan makna pada logo mengenai visi, misi dan identitas
perusahaan, yang disampaikan melalui gambar-gambar di dalam logo sebagai
bentuk pesan nonverbal perusahaan kepada masyarakat.