Abstract:
Kinerja karyawan merupakan aspek penting dalam sebuah perusahaan karena akan
membantu perusahaan dalam mencapai tujuannya. Dalam pencapaiannya, dibutuhkan faktor-faktor
pendukung yang dianggap dapat berpengaruh bagi kinerja karyawan salah satunya dengan
menerapkan Total Quality Management. Total Quality Management merupakan metode yang
dipercaya dapat membuat perusahaan tetap berlanjut dengan melakukan perbaikan secara terusmenerus
untuk memaksimumkan daya saing perusahaan. Dalam menghadapi MEA semua
perusahaan diharapkan melakukan perbaikan untuk setiap produk. Tidak hanya perusahaan
manufaktur, perusahaan jasa juga perlu melakukan peningkatan kualitas layanan dan melakukan
perbaikan terus menerus, khususnya perbankan yang merupakan salah satu sektor usaha yang
menunjang kebijakan dan program pemerintah dan perkembangan sektor rill dalam bidang
perekonomian. Begitupun dengan Bank Jabar Banten. Penelitian ini dilakukan di Bank Jabar
Banten didasarkan pada permasalahan yang terjadi yaitu jaringan komputer sering bermasalah
sehingga data yang dikirimkan lambat, rusak dan bahkan tidak sampai ke tujuan, wilayah kerja
operasional Bank Jabar Banten terbatas karena belum mencakup semua wilayah di Indonesia,
selain itu teknologi informasi, sistem, dan prosedur serta pedoman operasional masih dalam proses
penyempurnaan. Bank Jabar Banten juga belum memiliki fasilitas m-banking dan e-banking.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui praktik penerapan TQM pada Kantor Cabang
Utama Bank Jabar Banten (BJB) Bandung, untuk mengetahui tingkat kinerja karyawan pada
Kantor Cabang Utama Bank Jabar Banten (BJB) Bandung, dan untuk mengetahui pengaruh TQM
terhadap kinerja karyawan kinerja karyawan pada Kantor Cabang Utama Bank Jabar Banten (BJB)
Bandung.
Objek penelitian dalam penelitian ini adalah total quality management dan kinerja
karyawan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dan
verifikatif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer. Adapun teknik pengumpulan
data yang digunakan yaitu dengan menggunakan kuisioner. Sampel yang digunakan dalam
penelitian ini adalah sampel jenuh, yaitu teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi
digunakan sebagai sampel.
Hasil penelitian menunjukan bahwa praktik penerapan TQM dan tingkat kinerja karyawan
pada Kantor Cabang Utama Bank Jabar Banten (BJB) Bandung termasuk dalam kriteria baik, dan
TQM berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan sebesar 39,24%.