Universitas Islam Bandung Repository

Komunikasi Antar Pribadi Antara Public Relations Dan Karyawan Dalam Meningkatkan Motivasi Di Radio Oz Bandung

Show simple item record

dc.contributor.author Rizky, A. Fadly
dc.date.accessioned 2017-10-26T02:12:40Z
dc.date.available 2017-10-26T02:12:40Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/12057
dc.description.abstract Motivasi adalah sebuah alasan atau dorongan seseorang untuk bertindak. Orang yang tidak mau bertindak sering kali disebut tidak memiliki motivasi. Alasan atau dorongan itu bisa datang dari luar maupun dari dalam diri. sedangkan public relations adalah suatu usaha yang direncanakan secara terus menerus dengan sengaja guna membangun dan mempertahankan pengertian timbal balik antara organisasi masyarakat. Penelitian ini dibuat untuk mengetahui bagaimana metode motivasi yang dilakukan oleh public relations dalam meningkatkan motivasi. Oleh sebab itu, peneliti ingin mengetahui bagaimana metode motivasi langsung maupun tidak langsung yang diterapkan oleh public relations dalam meningkatkan motivasi kerja karyawan di Radio Oz Bandung. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Peneliti mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis secara sistematis mengenai metode motivasi public relations di Radio Oz Bandung. Fokus penelitian ini berupa kegiatan motivasi dalam meningkatkan motivasi kerja karyawan. Untuk objek penelitian yang diteliti adalah public relations, dan karyawan Radio Oz Bandung, Teknik pengumpulan data yang dilakukan melakukan wawancara secara mendalam (in depth interview) serta menggunakan studi kepustakaan dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, peneliti memperoleh hasil bahwa dalam metode motivasi langsung yang dilakukan oleh public relations seperti memberi reward, uang dan memberikan pujian. Sedangkan metode tidak langsung yang dilakukan oleh public relations seperti mengadakan rapat, rekreasi, pemberian angket, pertemuan terhadap karyawan dan pemberian fasilitas yang membuat karyawan menjadi nyaman. Hal ini dilakukan oleh public relations dengan tujuan untuk menigkatkan kedisiplinan, rasa kesolidaritasan dan keloyalitasan terhadap karyawan maupun perusahaann Radio Oz Bandung. Adapun yang dibahas oleh peneliti seperti hambatan dan dukungan. Hambatan yang dimiliki oleh public relations seperti susahnya membaca karakter seseorang dan masih ada sifat senioritas dari karyawan. Dukungan yang didapatkan oleh public relations didapatkan oleh divisi keuangan, yang diamana divisi tersebut membantu dalam urusan financial. Kegiatan metode motivasi yang dilakukan oleh public relations dapat dikatakan unik dikarenakan keuntungan kerjasama yang dilakukan oleh klien dapat dijadikan sebagai alat untuk memotivasi karyawan. en_US
dc.publisher Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung en_US
dc.subject Metode Motivasi, Public Relations, Penelitian Kualitatif, Studi Kasus en_US
dc.title Komunikasi Antar Pribadi Antara Public Relations Dan Karyawan Dalam Meningkatkan Motivasi Di Radio Oz Bandung en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account