dc.description.abstract |
Motivasi adalah sebuah alasan atau dorongan seseorang untuk bertindak.
Orang yang tidak mau bertindak sering kali disebut tidak memiliki motivasi.
Alasan atau dorongan itu bisa datang dari luar maupun dari dalam diri. sedangkan
public relations adalah suatu usaha yang direncanakan secara terus menerus
dengan sengaja guna membangun dan mempertahankan pengertian timbal balik
antara organisasi masyarakat. Penelitian ini dibuat untuk mengetahui bagaimana
metode motivasi yang dilakukan oleh public relations dalam meningkatkan
motivasi. Oleh sebab itu, peneliti ingin mengetahui bagaimana metode motivasi
langsung maupun tidak langsung yang diterapkan oleh public relations dalam
meningkatkan motivasi kerja karyawan di Radio Oz Bandung.
Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan
studi kasus. Peneliti mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis secara
sistematis mengenai metode motivasi public relations di Radio Oz Bandung.
Fokus penelitian ini berupa kegiatan motivasi dalam meningkatkan motivasi kerja
karyawan. Untuk objek penelitian yang diteliti adalah public relations, dan
karyawan Radio Oz Bandung, Teknik pengumpulan data yang dilakukan
melakukan wawancara secara mendalam (in depth interview) serta menggunakan
studi kepustakaan dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, peneliti memperoleh hasil
bahwa dalam metode motivasi langsung yang dilakukan oleh public relations
seperti memberi reward, uang dan memberikan pujian. Sedangkan metode tidak
langsung yang dilakukan oleh public relations seperti mengadakan rapat, rekreasi,
pemberian angket, pertemuan terhadap karyawan dan pemberian fasilitas yang
membuat karyawan menjadi nyaman. Hal ini dilakukan oleh public relations
dengan tujuan untuk menigkatkan kedisiplinan, rasa kesolidaritasan dan
keloyalitasan terhadap karyawan maupun perusahaann Radio Oz Bandung.
Adapun yang dibahas oleh peneliti seperti hambatan dan dukungan. Hambatan
yang dimiliki oleh public relations seperti susahnya membaca karakter seseorang
dan masih ada sifat senioritas dari karyawan. Dukungan yang didapatkan oleh
public relations didapatkan oleh divisi keuangan, yang diamana divisi tersebut
membantu dalam urusan financial. Kegiatan metode motivasi yang dilakukan oleh
public relations dapat dikatakan unik dikarenakan keuntungan kerjasama yang
dilakukan oleh klien dapat dijadikan sebagai alat untuk memotivasi karyawan. |
en_US |