Universitas Islam Bandung Repository

Studi Deskriptif Tentang Strategi Pembelajaran Tahfizul Quran Bagi Santri Pondok Qur’an Di Bandung

Show simple item record

dc.contributor.author Al-Fadhil, Fathurrahman
dc.date.accessioned 2017-10-26T04:12:48Z
dc.date.available 2017-10-26T04:12:48Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/12062
dc.description.abstract Kesuksesan suatu proses pembelajaran sangat ditentukan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah strategi pembelajaran. Strategi pembelajaran adalah usaha yang dibuat untuk tercapainya tujuan. Strategi pembelajaran juga bisa dilakukan baik di pendidikan formal (sekolah), pendidikan non formal (pesantren), dan informal (keluarga) Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi pembelajaran yang diterapkan oleh Pondok Qur’an Bandung, yang melitupi : isi program pembelajaran, Tahapan-tahapan strategi pembelajaran yang diterapkan, hasil dari pembelajaran tahfidzul qur’an santri Pondok Qur’an di Bandung. Metode yang digunakan dalam penulisan ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode ini tidak hanya mengumpulkan data saja, akan tetapi disertai dengan kegiatan pembahasan dan analisis data sehingga menghasilkan kesimpulan dan saran-saran tindak lanjutnya. Hasil penelitian ditemukan bahwa : isi program pembelajaran tahfidzul qur’an di pondok qur’an adalah santri ditargetkan untuk menyelesaikan hafalannya selama satu tahun yang diefektifkan selama 2 tahun, dengan rincian sebagai berikut, dua bulan pertama 2 juz (30, 29), dua bulan kedua 4 juz (28, 27, 26, 1), dua bulan ketiga 6 juz (2, 3, 4, 5, 6, 7), dua bulan keempat 8 juz (8, 9, 10, 11, 12, 13, 14, 15) dan dua bulan kelima 10 juz (16, 17, 18, 19, 20, 21, 22, 23, 24, 25). Tahapan-tahapan strategi pembelajaran yang diterapkan dilakukan dalam 3 tahap yaitu pertama, kegiatan pendahuluan, musyrif mengumpulkan santri dan dibentuk halqah kecil, lalu mengawali kegiatan dengan bacaan basmalah dan doa, kemudian membuka kegiatan dengan tausyiah beberapa menit. Kedua, kegiatan inti atau penyajian, santri menyetorkan hafalannya kepada musyrif secara langsung dengan posisi duduk santri berjajar kebelakang. Musyrif pun mengkoreksi bacaan santri apabila terdapat kekeliruan. en_US
dc.publisher Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam bandung en_US
dc.subject Strategi Pembelajaran en_US
dc.title Studi Deskriptif Tentang Strategi Pembelajaran Tahfizul Quran Bagi Santri Pondok Qur’an Di Bandung en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account