Abstract:
Elzatta adalah salah satu brand pakaian muslim Indonesia yang
menggunakan berbagai kegiatan promosi untuk menginformasikan produk kepada
khalayak. Product placement di sinetron salah satu kegiatan promosi yang
dilakukan Elzatta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana
product placement Elzatta di sinetron. Dalam hal product placement sebagai
media promosi, pertimbangan Elzatta dalam penerapan product placement di
sinetron TBNH The Series, peran Elzatta dalam pengemasan isi pesan product
placemnet di sinetron TBNH The Series, manfaat product placemnet di sinetron
TBNH The Series.
Teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu marketing mix, komunikasi
pemasaran, komunikasi pemasaran terpadu, product placement yang terdiri dari
tiga dimensi yaitu; visual dimention, auditory dimention, dan plot connection
dimention.
Metode yang digunakan penulis yaitu metode studi kasus kualitatif. Subjek
penelitian ini adalah Elzatta, yaitu perusahaan pakain muslim. Pihak yang menjadi
sumber data yaitu bagian GM head of corporate communication & brand strategy
Bezaya group, stylish Elzatta, stylish Sinemart, penonton dan konsumen.
Hasil penelitian diketahui bahwa hal-hal yang menjadi pertimbangan
Elzatta dalam melakukan kegiatan product placement di sinetron TBNH The
Series adalah product placement sebagai promosi yang terintegrasi, product
placement sinetron berbeda dengan product placement acara TV lain, menjalin
kerjasama dengan relationship, product placement sinetron media yang potensial,
Elzatta tidak berperan dalam pengemasan isi pesan, penempatan produk di credit
title, semua pemain menggunakan produk Elzatta, dalam penempatan produk di
sinetron Tukang Bubur Naik Haji The Series Elzatta terlihat menggunakan
dimensi visul (screen placement) dengan tipe implicit product placement dan plot
conection dimention (PCD) dengan tipe non integrated explicit product
placement, manfaat cepat dikenal, eksis terus di TV, brand image naik,
meningkatkan pengetahuan akan merek (brand knowledge)