Abstract:
terjadi peningkatan, tentunya keberhasilan tersebut tidak terlepas dari kerja
keras Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan. Promosi pariwisata Bintan pernah
dilakukan dengan kegiatan komunikasi pemasaran melalui iklan, event, dan personal
selling. Penelitian tersebut dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana strategi
kegiatan komunikasi pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan melalui Iklan,
event, dan personal selling.
Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana strategi
komunikasi pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan untuk meningkatkan
kunjungan wisatawan. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui strategi
komunikasi pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan manakah yang paling
efektif untuk meningkatkan kunjungan wisatawan.
Metodologi penelitian yang digunakan ialah metode penelitian kualitatif
dengan pendekatan studi kasus. Objek penelitian adalah Dinas Pariwisata Kabupaten
Bintan karena mempunyai sumber data yang akurat. Teknik pengumpulan data yang
digunakan ialah wawancara, observasi, dan studi pustaka. Teknik analisis yang
digunakan ialah reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah, Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan
menggunakan strategi yang efektif menurut beberapa konsep karena memenuhi
syarat-syarat dalam konsep-konsep tersebut. Dari kesimpulan yang telah diambil,
menunjukan bahwa Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan mempunyai peran penting
pada setiap kegiatan komunikasi pemasaran yang dilakukan. Setiap strategi yang
dibuat mempunyai tujuan yang sama yaitu untuk memperkenalkan kabupaten Bintan
dan mencapai visi dan misi Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan agar kunjungan
wisatawan mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.