Abstract:
Produk gadai emas di Bank Syariah Mandiri adalah produk perbankan
yang menyalurkan dana dalam bentuk jaminan dan berdasarkan prinsip
qarddengan jaminan barang berharga berupa emas sebagai jaminan atas utang
nasabah. Pemahaman produk gadai emas merupakan pemahaman yang dimiliki
oleh seseorang terkait fitur dan mekanisme produk gadai emas. Dan pengetahuan
prinsip operasional gadai emas merupakan pemahaman pada asas-asas syariat
yang melandasai operasional produk gadai emas. Sedangkan keputusan pembelian
seseorang salah satunya terjadi karena tingkat pemahamannya terhadap suatu
produk tertentu.
Berdasarkan latar belakang masalah yang dipaparkan sebelumnya, maka
disimpulkan rumusan masalah yang pertama: (1) Bagaimana pemahaman guruguru
SDterhadap produk gadai emas di BSM Kc.Garut? (2) Bagaimana keputusan
pembelian produk gadai emas BSM Kc.Garut dikalangan guru-guru SD? dan (3)
Sejauhmana pengaruh pemahaman produk gadai emas di BSM Kc.Garut terhadap
keputusan pembelian dikalangan guru-guru SD? Adapun tujuannya yaitu: (1)
Untuk mengetahui pemahaman guru-guru SD terhadap produk gadai emas di
BSM Kc.Garut (2) Untuk mengetahui keputusan pembelian terhadap produk gadai
emas di BSM Kc.Garut dikalangan guru-guru SD dan (3) Untuk mengetahui
pengaruh pemahaman produk gadai emas di BSM Kc.Garut terhadap keputusan
pembelian dikalangan guru-guru SD.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
deskriptif analisis kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
melalui Kuesioner, Wawancara, dan Studi kepustakaan. Metode pengambilan
sampel yang digunakan dalam penelitian ini Cluster Sampling.
Berdasarkan hasil penelitian, penulis dapat menyimpulkan sebagai berikut:
(1) Pemahaman guru-guru SD Se-Kecamatan Pasirwangi terhadap produk gadai
emas di BSM Kc.Garut sebesar 42,236% berada pada taraf cukup (2) Keputusan
pembelian guru-guru SD se-Kecamatan Pasirwangi terhadap produk gadai emas
di BSM Kc.Garut sebesar 52,326% berada pada taraf cukup. (3) Hasil perhitungan
penelitian menunjukkan, terdapat hubungan yang kuat dan signifikan antara
variabel pemahaman produk dengan keputusan pembelian, pengaruh pemahaman
produk terhadap keputusan pembelian sebesar 49,893% sisanya sebesar 50,107%
dipengaruhi variabel lain.