Universitas Islam Bandung Repository

Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pencampuran dalam Pemasaran Produk Asuransi Konvensional dan Asuransi Syariah oleh Perusahaan Asuransi Konvensional

Show simple item record

dc.contributor
dc.creator Iqbal, Reza Muhammad
dc.creator Imaniyati, Neni Sri
dc.creator Nurhasanah, Neneng
dc.date 2017-08-10
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum_ekonomi_syariah/article/view/7375
dc.description Asuransi dewasa ini menjadi bisnis yang semakin diminati oleh masyarakat setelah bisnis perbankan, termasuk bisnis asuransi syariah. Saat ini terdapat 19 Unit Usaha Asuransi Syariah yang merupakan Unit Usaha Asuransi Konvensional. Dalam pemasarannya unit usaha asuransi syariah tersebut dilaksanakan oleh satu agen yang sama, sehingga terjadi percampuran pemasaran antara produk asuransi konvensional dan produk asuransi syariah. Contohnya tenaga pemasar (marketing) bisa orang yang sama, dalam arti satu orang memasarkan produk syariah sekaligus asuransi konvensional.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui praktik pencampuran pemasaran produk asuransi konvensional dan produk asuransi syariah di perusahaan asuransi konvensional dan mengetahui tinjauan hukum islam dan hukum positif mengenai pencampuran pemasaran produk asuransi konvensional dan produk asuransi syariah.Metode penelitian yang digunakan adalah  deskriptif analisis. Sumber data primer  diperoleh  dari hasil wawancara dengan narasumber dari agensi dan nasabah PT AIA dan PT Allianz. Sumber data sekunder diperoleh dari studi literatur dan dokumentasi.Hasil penelitian menyimpulkan bahwa praktik pencampuran  pemasaran asuransi konvensional  dan asuransi syariah dilakukan oleh satu agen yang sama, dimana agen menjual produk asuransi konvensional dan asuransi syariah sekaligus. Dan pencampuran pemasaran produk asuransi konvensional dan asuransi syariah di PT AIA dan PT Allianz menurut hukum Islam adalah dilarang, sedangkan menurut hukum positif  dibolehkan, tapi dianjurkan untuk dilakukan pemisahan.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Prosiding Hukum Ekonomi Syariah
dc.publisher Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum_ekonomi_syariah/article/view/7375/pdf
dc.rights Copyright (c) 2017 Proceedings of Finance & Islamic Banking
dc.source Prosiding Hukum Ekonomi Syariah; Vol 3, No 2, Prosiding Hukum Ekonomi Syariah (Agustus, 2017); 589-593
dc.source Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah; Vol 3, No 2, Prosiding Hukum Ekonomi Syariah (Agustus, 2017); 589-593
dc.source 2460-2159
dc.subject Keuangan & Perbankan Syariah
dc.subject Pemasaran, Asuransi, Hukum Islam
dc.title Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pencampuran dalam Pemasaran Produk Asuransi Konvensional dan Asuransi Syariah oleh Perusahaan Asuransi Konvensional
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account