Description:
Bank Syariah Mandiri (BSM) KC Pajajaran Kota Bandung merupakan salah satu bank syariah yang menerapkan sistem Service Quality dalam hal pelayanan guna memperoleh simpati dari nasabah maupun calon nasabah. Service Quality menurut etika bisnis Islam antara lain tabligh dan fathonah. Dalam penerapannya, di BSM KC Pajajaran masih ada beberapa keluhan nasabah terkait pemberian informasi layanan produk oleh para petugas frontliner. Permasalahan yang di bahas adalah: bagaimana pelayanan terhadap nasabah di lembaga perbankan syariah menurut konsep etika bisnis Islam, bagaimana penerapan kebijakan dan pelaksanaan pelayanan melalui sistem Service Quality di BSM KC Pajajaran Kota Bandung, dan bagaimana analisis konsep etika bisnis Islam terhadap pelaksanaan pelayanan melalui sistem Service Quality di BSM KC Pajajaran Kota Bandung ?. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumetasi dan obeservasi, analisis data dilakukan secara kualitatif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah konsep etika bisnis Islam merupakan landasan filosofis dalam pelaksanaan pelayanan nasabah oleh lembaga bank syariah yang dilakukan secara maksimal meliputi, Konsep Ke-Tuhanan, Pandangan Islam Terhadap Harta, Konsep Benar, Amanat, Jujur, Adil, Tangibles (Bukti Fisik), Emphaty (Empati), Reliability (Kehandalan), Responsiveness (Daya Tanggap) dan Assurance (Keyakinan). Penerapan kebijakan dan pelaksanaan pelayanan melalui sistem Service Quality di BSM KC Pajajaran Kota Bandung dilandasi dengan budaya perusahaan yang Islami serta SOP pelayanan melalui sistem Service Quality di BSM KC Pajajaran Kota Bandung dinilai masih ada yang belum terlaksana seperti unsur emphaty dan responsiveness terhadap nilai-nilai etika bisnis Islam.