Universitas Islam Bandung Repository

Analisis Etika Bisnis Islam Terhadap Penerapan Service Quality Pada Bank Syariah Mandiri KC Pajajaran Kota Bandung

Show simple item record

dc.contributor
dc.creator Dewi, Iin Qaniah utami
dc.creator Suprihatin, Titin
dc.creator Senjiati, Ifa Hanifia
dc.date 2017-08-10
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum_ekonomi_syariah/article/view/6827
dc.description Bank Syariah Mandiri (BSM) KC Pajajaran Kota Bandung merupakan salah satu bank syariah yang menerapkan sistem Service Quality dalam hal pelayanan guna memperoleh simpati dari nasabah maupun calon nasabah. Service Quality menurut etika bisnis Islam antara lain tabligh dan fathonah. Dalam penerapannya, di BSM KC Pajajaran masih ada beberapa keluhan nasabah terkait pemberian informasi layanan produk oleh para petugas frontliner. Permasalahan yang di bahas adalah: bagaimana pelayanan terhadap nasabah di lembaga perbankan syariah menurut konsep etika bisnis Islam, bagaimana penerapan kebijakan dan pelaksanaan pelayanan melalui sistem Service Quality di BSM KC Pajajaran Kota Bandung, dan bagaimana analisis konsep etika bisnis Islam terhadap pelaksanaan pelayanan melalui sistem Service Quality di BSM KC Pajajaran Kota Bandung ?. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumetasi dan obeservasi, analisis data dilakukan secara kualitatif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah konsep etika bisnis Islam merupakan landasan filosofis dalam pelaksanaan pelayanan nasabah oleh lembaga bank syariah yang dilakukan secara maksimal meliputi, Konsep Ke-Tuhanan, Pandangan Islam Terhadap Harta, Konsep Benar, Amanat, Jujur, Adil, Tangibles (Bukti Fisik), Emphaty (Empati), Reliability (Kehandalan), Responsiveness (Daya Tanggap) dan Assurance (Keyakinan). Penerapan kebijakan dan pelaksanaan pelayanan melalui sistem Service Quality di BSM KC Pajajaran Kota Bandung dilandasi dengan budaya perusahaan yang Islami serta SOP pelayanan melalui sistem Service Quality di BSM KC Pajajaran Kota Bandung dinilai masih ada yang belum terlaksana seperti unsur emphaty dan responsiveness terhadap nilai-nilai etika bisnis Islam.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Prosiding Hukum Ekonomi Syariah
dc.publisher Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum_ekonomi_syariah/article/view/6827/pdf
dc.rights Copyright (c) 2017 Proceedings of Finance & Islamic Banking
dc.source Prosiding Hukum Ekonomi Syariah; Vol 3, No 2, Prosiding Hukum Ekonomi Syariah (Agustus, 2017); 567-574
dc.source Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah; Vol 3, No 2, Prosiding Hukum Ekonomi Syariah (Agustus, 2017); 567-574
dc.source 2460-2159
dc.subject Keuangan & Perbankan Syariah
dc.subject Etika Bisnis Islam, Pelayanan, dan Kualitas
dc.title Analisis Etika Bisnis Islam Terhadap Penerapan Service Quality Pada Bank Syariah Mandiri KC Pajajaran Kota Bandung
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif, Deskriptif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account