Universitas Islam Bandung Repository

Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Siswa Kelas X dengan Metode Bil-Hikmah (Penelitian Tindakan Kelas di SMK UT PGII Bandung) Increasing the Ability of Reading Al-Qur'an to Student of Class X with Method of Bil-Hikmah (Classroom Action Research at SMK UT PGII Bandung)

Show simple item record

dc.contributor
dc.creator Yakoh, Alwanee
dc.creator Halimi, Agus
dc.creator Hayati, Fitroh
dc.date 2017-08-08
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/6984
dc.description Sekolah Menengah Kejuruan Unggulan Terpadu PGII(SMK UT PGII) adalah lembaga yang berlandaskan Islam,Sekolah ini merupakan sekolah unggulan terpadu yang berciri khas Islam. Hal tersebut dapat  dilihat dari Visi Misi sekolah : Visi dari SMK UT PGII BANDUNG adalah Menjadi SMK Unggulan Terpadu Islam dan bertaraf Internasional. Untuk mewujudkan Visi SMK UT PGII BANDUNG maka diperlukan Misi yaitu salah satunya adalah Melahirkan lulusan yang berkarakter unggul dan Islam. Salah satu indikatur diharapkan agar siswa SMK tersebut bisa membaca dan mengkaji al-Qur’an, Akan tetapi, pada saat ini siswa SMK masih ada yang belum bisa membaca al-Qur’an.Penulis menyusun rumusan masalah kedalam bentuk pertanyaan sebagai berikut: (1).Bagaimana kondisi awal kemampuan siswa kelas X dalam  membaca al-Qur'an sebelum  diberikan metoda Bil-Hikmah? (2).Bagaimana pelaksanaan metode Bil-Hikmah dalam meningkatkan  kemampuan membaca siswa kelas X dalam membaca al-Qur’an?(3).Bagaimana hasil belajar siswa setelah adanya penggunaan metode Bil-Hikmah dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an ?Metode peneliti yang digunakan yaitu metode Penelitian Tindakkan Kelas dengan pendekatan kualitatif. penelitian ini dilakukan di kelas X SMK UT PGII Bandung. Teknik penelitian yang digunakan yaitu wawancara, observasi,tes dan studi dokumentasi. subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK UT PGII Bandung.Berdasarkan pengolahan data diperoleh hasil penelitian yaitu: (1).Kondisi awal sebelum Pelaksanaan Penelitian Tindakkan Kelas guru mata pelajaran al-Qur’an menggunakan metode ceramah.(2) Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan sebanyak tiga siklus dan pelaksanaannya sesuai dengan perencanaan yang diwujudkan dalam bentuk (RPP) yang telah dirancang dan disusun oleh peneliti, dan metode Bil-Hikmah selalu tercermin pada setiap siklus dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini.(3).Hasil pembelajaran membaca al-Qur’an dengan metode Bil-Hikmah menunjukan peningkatan pada kemampuan membaca al-Qur’an pada siswa dari hasil pretest 57% post test 75%.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/6984/pdf
dc.rights Copyright (c) 2017 Prosiding Pendidikan Agama Islam
dc.source Prosiding Pendidikan Agama Islam; Vol 3, No 2, Pendidikan Agama Islam (Agustus, 2017); 157-163
dc.source Prosiding Pendidikan Agama Islam; Vol 3, No 2, Pendidikan Agama Islam (Agustus, 2017); 157-163
dc.source 2460-6413
dc.subject
dc.subject Metode Bil-Hikmah
dc.title Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Siswa Kelas X dengan Metode Bil-Hikmah (Penelitian Tindakan Kelas di SMK UT PGII Bandung) Increasing the Ability of Reading Al-Qur'an to Student of Class X with Method of Bil-Hikmah (Classroom Action Research at SMK UT PGII Bandung)
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account