Universitas Islam Bandung Repository

Manajemen Pembelajaran Al-Qur’an dengan Metode Tilawati dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an pada Siswa Sekolah Dasar (Studi Kasus di Kelas 3 SD Ar-Rafi' Drajat Baleendah Kab. Bandung)

Show simple item record

dc.contributor
dc.creator Fauziah, Syifaa Nur
dc.creator Surana, Dedih
dc.date 2017-08-09
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/7591
dc.description Pembelajaran al-Qur'an ialah mengajarkan membaca al-Qur'an sesuai dengan kaidah tajwid dengan baik dan benar. Seiring dengan perkembangan zaman pembelajaran al-Qur'an dapat dilakukan dengan berbagi macam metode, salah satu metode yang digunakan adalah metode tilawati. Prinsip pengajaran al-Qur'an metode tilawati yaitu diajarkan secara praktis menggunakan lagu rost, diajarkan secara klasikal menggunakan peraga, diajarkan secara individual dengan tehnik baca simak menggunakan buku dan penataan kelas diatur dengan posisi duduk membentuk huruf "U". Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya studi kasus. Teknik pengumpulan datanya berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Teknik analisisnnya menggunakan triangulasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perencanaan pembelajaran al-Qur'an dengan metode tilawati di SD Ar-Rafi' Drajat dilakukan dengan di buat dalam bentuk tulisan yang jelas, sehingga dapat diketahui kelebihan dan kekurangannya. Pelaksanaan pembelajaran al-Qur'an dengan metode tilawati di SD Ar-Rafi' Drajat memberikan pengaruh perubahan kemampuan siswa dalam membaca al-Qur'an. Evaluasi pembelajaran al-Qur'an dengan metode tilawati di SD Ar-Rafi' Drajat merupakan bentuk evaluasi yang dilakukan munaqisy untuk mengetahui kemampuan siswa dalam membaca al-Qur'an dan naik atau tidaknya ke tingkat selanjutnya. Faktor pendukung dan faktor penghambat pembelajaran al-Qur'an dengan metode tilawati dipengaruhi oleh teknis dan kondisi di lapangan, maupun kondisi guru dan siswa
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/7591/pdf
dc.rights Copyright (c) 2017 Prosiding Pendidikan Agama Islam
dc.source Prosiding Pendidikan Agama Islam; Vol 3, No 2, Pendidikan Agama Islam (Agustus, 2017); 256-262
dc.source Prosiding Pendidikan Agama Islam; Vol 3, No 2, Pendidikan Agama Islam (Agustus, 2017); 256-262
dc.source 2460-6413
dc.subject
dc.subject Penerapan, Pembelajaran, Pembelajaran Al-Qur'an, Metode Tilawati.
dc.title Manajemen Pembelajaran Al-Qur’an dengan Metode Tilawati dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an pada Siswa Sekolah Dasar (Studi Kasus di Kelas 3 SD Ar-Rafi' Drajat Baleendah Kab. Bandung)
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account