Universitas Islam Bandung Repository

Efektivitas Penggunaan Metode Sosiodrama untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas X-A di SMA Sumatra 40 Bandung

Show simple item record

dc.contributor
dc.creator Emaeloding, Waeyahya
dc.creator Wilda, Erham
dc.creator Hayati, Fitroh
dc.date 2017-08-09
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/7198
dc.description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode sosiodrama untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Akidah Akhlak. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Sumatra 40 Bandung. Pertanya utama yang ingin dijawab pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana hasil belajar siswa kelas X-A di SMA Sumatra 40 Bandung dalam pembelajaran Akidah Akhlak sebelum menggunakan metode sosiodrama? (2) Bagaimana penggunaan metode sosiodrama untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Akidah Akhlak pada siswa kelas X-A di SMA Sumatra 40 Bandung? (3) Apakah Efektivitas penggunaan metode sosiodrama dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Akidah Aklak pada kelas X-A di SMA Sumatra40 Bandung? (4) Apakah faktor penghambat dan faktor pendukung dalam penggunaan metode sosiodrama dalam pembelajaran Akidah Akhlak pada kelas X-A di SMA Sumatra 40 Bandung?. Metode penelitian yang digunakan adalah Kuasi Eksperimen dengan rancangan penelitian Nonequivalent control grop design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Purposie Sampling. Sampel penelitian yang digunakan berjumlah 36 siswa kelas eksperimen dan 36 siswa kelas kontrol. Dalam penelitian ini peneliti menemukan berbagai faktor pendukung dan penghambat ketika melakukan proses belajar mengajar dengan menggunakan metode sosiodrama. Faktor pendukungnya yaitu fasilitas cukup lengkap. Adapun mengenai faktor penghambat yaitu kebanyakan dari siswa itu sendiri karena masing-masing siswa memiliki karakter yang berdeda. Adapun analisis data proses kedua kelompok menggunakan uji-t diperoleh hasil t-hitung 5.725  dan t-tabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 2.035, maka t- hitung > t-tabel. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Metode Sosiodrama terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelalajaran Akidah Akhlak di mana hasil kelompok Eksperimen lebih bagus dari kelompok Kontrol.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/7198/pdf
dc.rights Copyright (c) 2017 Prosiding Pendidikan Agama Islam
dc.source Prosiding Pendidikan Agama Islam; Vol 3, No 2, Pendidikan Agama Islam (Agustus, 2017); 200-206
dc.source Prosiding Pendidikan Agama Islam; Vol 3, No 2, Pendidikan Agama Islam (Agustus, 2017); 200-206
dc.source 2460-6413
dc.subject
dc.subject Efektivitas Belajar, Metode Sosiodrama, Hasil Belajar.
dc.title Efektivitas Penggunaan Metode Sosiodrama untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas X-A di SMA Sumatra 40 Bandung
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account