Description:
Anak Usia Dini memiliki dunia dan karakteristik tersendiri yang jauh berbeda dengan karakteristik orang dewasa. Periode ini dapat digunakan untuk membiasakan anak untuk berperilaku disiplin dan menanamkan budaya-budaya positif yang berlaku umum di masyarakat, misalnya menyangkut budaya antri. Anak kelompok A di Taman Kanak-kanak Tunas Mekar sebagian besar dari mereka semuanya ingin cepat keluar dengan berhimpitan di pintu dan tidak mau menunggu giliran saat antri. Untuk itu penelitian ini terkait dengan budaya antri di kelompok A Taman Kanak-kanak Tunas Mekar.Tujuan penelitian ini untuk meningkatan budaya antri di kelompok A melalui teknik modeling di Taman Kanak-kanak Tunas Mekar dengan penelitian tindakan kelas pola kolaboratif. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 siklus. Subjek penelitian siswa kelompok A Taman Kanak-kanak Tunas Mekar yang berjumlah 14 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi secara langsung.Hasil penelitian ini diketahui bahwa 1) teknik modeling dapat meningkatan budaya antri di kelompok A dengan pelaksanaan pembelajaran menggunakan media slide video/gambar dan bermain peran, 2) terjadi peningkatan pada setiap siklusnya, pada siklus 1 adanya peningkatan yang terhadap pada budaya antri, pada siklus 2 peningkatan sudah terlihat dengan jelas, sebagian besar anak sudah mulai terlihat peningkatannya pada siklus 3 sudah terlihat anak-anak dapat melakukan budaya antri.Penggunaan teknik modeling dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dalam meningkatkan budaya antri dapat dikatakan berhasil, walaupun masih ada 1 orang anak yang merupakan Anak Berkebutuhan Khusus sehingga penilaian untuk anak tersebut tidak dapat disamakan dengan anak yang lainnya.