Universitas Islam Bandung Repository

Analisis Fikih Muamalah dan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen Mengenai Perlindungan Hukum dalam Jual Beli Melalui Transaksi e-Commerce

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Syariah
dc.contributor
dc.creator Sari, Mega Mustika
dc.date 2018-01-16
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum_ekonomi_syariah/article/view/8789
dc.description Abstrak. Jual beli merupakan salah satu sarana bagi seseorang untuk mendapatkan barang yang diinginkan melalui jalan tukar menukar. Dalam perkembangannya, bentuk transaksi jual beli mengalami dinamika perubahan yang salah satunya terdapat pada bentuk transaksi online atau dikenal dengan istilah e-commerce. Namun fenomena E-commerce yang sedang booming saat ini adalah pembelian barang yang tidak sesuai dengan pembelian/tidak sesuai pesanan dalam gambar dan yang paling parah barang yang dibeli/dipesan dan telah melakukan transaksi tidak dikirim atau barangnya dikirim tetapi dalam keadaan rusak tidak sesuai spesifikasi atau barangnya palsu. Berdasarkan fenomena tersebut, maka penulis tertarik untuk mengkaji lebih jauh mengenai beberapa kasus dan permasalahan yang terjadi pada e-commerce ditinjau dari perspektif fikih muamalah dan UU Perlindungan konsumen dengan merumuskan masalah pada pertanyaan sebagai berikut : Bagaimana konsep fikih muamalah tentang perlindungan konsumen dalam jual beli melalui transaksi E-commerce ? Bagaimana perlindungan konsumen menurut Undang-Undang Nomor 8 tahun 1999 dalam jual beli melalui transaksi E-commerce ? Bagaimana transaksi E-commerce yang tidak memiliki perlindungan konsumen ? Dan bagaimana analisis fikih muamalah dan Undang-Undang Nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen mengenai perlindungan hukum dalam jual beli melalui transaksi E-commerce ? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan studi kepustakaan. Data diperoleh melalui studi literatur dan dokumentasi dari internet untuk mengkaji kasus-kasus dan permasalahan seputar e-commerce ditinjau dari fikih muamalah dan Undang - Undang No 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Simpulan dari penelitian ini adalah konsep perlindungan konsumen dalam perspektif fikih muamalah disandarkan pada konsep hak khiyar bagi konsumen, dan menurut UU Perlindungan Konsumen dalam jual beli melalui transaksi e-commerce ditekankan pada perlindungan mengani hak-hak konsumen, transaksi E-commerce yang tidak memiliki Perlindungan Konsumen pada dasarnya boleh dilakukan (mubah) selama rukun dan syarat jual beli secara umum dapat terpenuhi serta analisis Fikih Muamalah dan UU Perlindungan Konsumen persamaannya terletak pada kriteria-kriteria dari hak yang menjadi objek dari perlindungan konsumen, sedangkan perbedaannya terletak pada konsep mengenai hak konsumen itu sendiri.Kata Kunci : Fiqih Muamalah, Perlindungan Konsumen, dan E-Commerce. 
dc.description ABSTRAK ANALISIS FIKIH MUAMALAH DAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN MENGENAI PERLINDUNGAN HUKUM DALAM JUAL BELI MELALUI  TRANSAKSI  E-COMMERCE Kata Kunci : Fiqih Muamalah, Perlindungan Konsumen, dan E-Commerce.  Jual beli merupakan salah satu sarana bagi seseorang untuk mendapatkan barang yang diinginkan melalui jalan tukar menukar. Dalam perkembangannya, bentuk transaksi jual beli mengalami dinamika perubahan yang salah satunya terdapat pada bentuk transaksi online atau dikenal dengan istilah e-commerce. Namun fenomena E-commerce yang sedang booming saat ini adalah pembelian barang yang tidak sesuai dengan pembelian/tidak sesuai pesanan dalam gambar dan yang paling parah barang yang dibeli/dipesan dan telah melakukan transaksi tidak dikirim atau barangnya dikirim tetapi dalam keadaan rusak tidak sesuai spesifikasi atau barangnya palsu. Berdasarkan fenomena tersebut, maka penulis tertarik untuk mengkaji lebih jauh mengenai beberapa kasus dan permasalahan yang terjadi pada e-commerce ditinjau dari perspektif fikih muamalah dan UU Perlindungan konsumen dengan merumuskan masalah pada pertanyaan sebagai berikut : Bagaimana konsep fikih muamalah tentang perlindungan konsumen dalam jual beli melalui transaksi E-commerce ? Bagaimana perlindungan konsumen menurut Undang-Undang Nomor 8 tahun 1999 dalam jual beli melalui transaksi E-commerce ? Bagaimana transaksi E-commerce yang tidak memiliki perlindungan konsumen ? Dan bagaimana analisis fikih muamalah dan Undang-Undang Nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen mengenai perlindungan hukum dalam jual beli melalui transaksi E-commerce ? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan studi kepustakaan. Data diperoleh melalui studi literatur dan dokumentasi dari internet untuk mengkaji kasus-kasus dan permasalahan seputar e-commerce ditinjau dari fikih muamalah dan Undang - Undang No 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Simpulan dari penelitian ini adalah konsep perlindungan konsumen dalam perspektif fikih muamalah disandarkan pada konsep hak khiyar bagi konsumen, dan menurut UU Perlindungan Konsumen dalam jual beli melalui transaksi e-commerce ditekankan pada perlindungan mengani hak-hak konsumen, transaksi E-commerce yang tidak memiliki Perlindungan Konsumen pada dasarnya boleh dilakukan (mubah) selama rukun dan syarat jual beli secara umum dapat terpenuhi serta analisis Fikih Muamalah dan UU Perlindungan Konsumen persamaannya terletak pada kriteria-kriteria dari hak yang menjadi objek dari perlindungan
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Hukum Ekonomi Syariah
dc.publisher Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum_ekonomi_syariah/article/view/8789/pdf
dc.rights Copyright (c) 2018 Proceedings of Finance & Islamic Banking
dc.source Prosiding Hukum Ekonomi Syariah; Vol 4, No 1, Prosiding Hukum Ekonomi Syariah (Februari, 2018); 212-220
dc.source Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah; Vol 4, No 1, Prosiding Hukum Ekonomi Syariah (Februari, 2018); 212-220
dc.source 2460-2159
dc.subject Keuangan dan Perbankan Syariah
dc.subject Fiqih Muamalah, Perlindungan Konsumen, dan E-Commerce.
dc.subject
dc.subject
dc.title Analisis Fikih Muamalah dan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen Mengenai Perlindungan Hukum dalam Jual Beli Melalui Transaksi e-Commerce
dc.title ANALISIS FIKIH MUAMALAH DAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN MENGENAI PERLINDUNGAN HUKUM DALAM JUAL BELI MELALUI TRANSAKSI E-COMMERCE
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type kualitatif
dc.type


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account