Universitas Islam Bandung Repository

Analisis Fiqih Muamalah tentang Profesionalisme dalam Kinerja Pelayanan Karyawan Klaim Mobil PT Asuransi Bumida Syariah 1967 Cabang Bandung

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Syariah
dc.contributor
dc.creator Priatna, Aris
dc.creator Nurhasanah, Neneng
dc.creator Senjiati, Ifa Hanifia
dc.date 2018-01-24
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum_ekonomi_syariah/article/view/9145
dc.description Abstract.The quality of employee performance in PT Bumida as an insurance company has been good in terms of kerohaniaan or in enforcing Islamic law, but there are still employees who placed diunit work that is not in accordance with his expertise so that professionals work as in the case of doing the task of the car because it always piles up and the problem there is someone interested in the terpelingan that entangled, therefore the author is more interested about the suitability of the principles of muamalah fiqih and professionalism performance of employees. Based on the background that has been described above, it can be formulated some of the principal issues, namely: 1). What is the attitude of professionalism in working according to fiqih muamlah, 2). How the performance of employees in bumida branch bandung, and 3). How mqamih fiqih analysis on the performance of service employees claims Mobil PT Bumida Syariah 1967 Sharia Branch Bandung.Metode research used in this research is descriptive method of qualitative analysis.Teknik data used by the author in conducting this research are: documentation, literature study and interview with employees staff claims.Research results stating the attitude of employees profesioanlisme in employee performance according to muamalah fiqih consists of 3 principles namely 1). The principle of keadilam that has the attitude of professionalism siddiq (honest), 2). The principle of al-mas'uliyah (accountabillty) or its nature (responsible) and the nature of tabligh (communicative). 3). The principle of honesty and truth has the nature of professionalism of the nature of siddiq (honest), the nature of trust (nature of responsibility), the nature of tabligh (communicative), and the nature of fathanah. in the performance of employees of legal services in bumida can be concluded the implementation of work in accordance with professionalism is good enough based on professional indicators, muamalah fiqih analysis on service performance of PT bumida car workshop employees are good enough in accordance with professionalism in Islam and meet professionalism indicators in fiqih muamalah.Keywords: Service, professionalism, employee performanAbstrak. Kualitas kinerja karyawan di PT Bumida sebagai perusahaan asuransi sudah baik dalam segi kerohaniaan atau dalam menegakan syariat Islam,namun masih ada karyawan yang ditempatkan diunit kerja yang tidak sesuai dengan keahliannya sehingga profesional dalam bekerja seperti dalam hal kecepatan dalam mengerjakan tugas klaim mobil sehingga pekerjaan selalu menumpuk dan permasalahan lain ada nasabah yang mengajukan klaim baru langsung dilayani dengan menyampingkan nasabah yang terlebih dahulu mengajukan klaim, oleh karena itu penulis meneliti lebih lanjut tentang kesesuaian prinsip fiqih muamalah dan profesionalisme kinerja karyawan Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan diatas, maka dapat dirumuskan beberapa pokok permasalahan , yaitu : 1). Bagaimana sikap profesionalisme dalam bekerja menurut fiqih muamlah , 2). Bagaimana kinerja karyawan pelayanan penanganan klaim mobil di asuransi bumida cabang bandung, dan 3). Bagaimana analisis fiqih muamalah terhadap kinerja pelayanan karyawan penanganan Klaim Mobil PT Bumida Syariah 1967 Cabang syariah Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam penilitian ini adalah metode deskriptif analisis kualitatif.Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis dalam melakukan penelitian ini adalah: dokumentasi, studi kepustakaan dan wawancara dengan karyawan staf klaim. Hasil penilitian menyatakan sikap karyawan profesioanlisme dalam kinerja karyawan menurut fiqih muamalah  terdiri dari 3 prinsip yaitu 1). Prinsip keadilam yang memiliki nilai profesionalisme sifat siddiq(jujur), 2). Prinsip al-mas’uliyah (accountabillty) atau juga sifat amanah (bertanggung jawab) dan sifat tabligh (komunikatif) . 3). Prinsip kejujuran dan kebenaran memiliki nilai professionalisme sifat siddiq (jujur),sifat amanah (bertanggung jawab),sifat tabligh (komunikatif),dan sifat fathanah (cerdas). dalam kinerja karyawan pelayanan penanganan klaim di bumida dapat disimpulkan  pelaksanaan bekerja sesuai dengan profesionalisme sudah cukup baik berdasarkan indikator profesionalisme , analisis fiqih muamalah terhadap kinerja pelayanan karyawan penanganan klaim mobil PT bumida  sudah cukup baik  sesuai dengan profesionalisme dalam Islam  dan memenuhi indikator profesionalisme dalam fiqih muamalah.Kata kunci : Pelayanan,profesionalisme ,kinerja karyawan 
dc.description Abstrak. Kualitas kinerja karyawan di PT Bumida sebagai perusahaan asuransi sudah baik dalam segi kerohaniaan atau dalam menegakan syariat Islam,namun masih ada karyawan yang ditempatkan diunit kerja yang tidak sesuai dengan keahliannya sehingga profesional dalam bekerja seperti dalam hal kecepatan dalam mengerjakan tugas klaim mobil sehingga pekerjaan selalu menumpuk dan permasalahan lain ada nasabah yang mengajukan klaim baru langsung dilayani dengan menyampingkan nasabah yang terlebih dahulu mengajukan klaim, oleh karena itu penulis meneliti lebih lanjut tentang kesesuaian prinsip fiqih muamalah dan profesionalisme kinerja karyawan.Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan diatas, maka dapat dirumuskan beberapa pokok permasalahan , yaitu : 1). Bagaimana sikap profesionalisme dalam bekerja menurut fiqih muamlah , 2). Bagaimana kinerja karyawan pelayanan penanganan klaim mobil di asuransi bumida cabang bandung, dan 3). Bagaimana analisis fiqih muamalah terhadap kinerja pelayanan karyawan penanganan Klaim Mobil PT Bumida Syariah 1967 Cabang syariah Bandung.Metode penelitian yang digunakan dalam penilitian ini adalah metode deskriptif analisis kualitatif.Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis dalam melakukan penelitian ini adalah: dokumentasi, studi kepustakaan dan wawancara dengan karyawan staf klaim.Hasil penilitian menyatakan sikap karyawan profesioanlisme dalam kinerja karyawan menurut fiqih muamalah  terdiri dari 3 prinsip yaitu 1). Prinsip keadilam yang memiliki nilai profesionalisme sifat siddiq(jujur), 2). Prinsip al-mas’uliyah (accountabillty) atau juga sifat amanah (bertanggung jawab) dan sifat tabligh (komunikatif) . 3). Prinsip kejujuran dan kebenaran memiliki nilai professionalisme sifat siddiq (jujur),sifat amanah (bertanggung jawab),sifat tabligh (komunikatif),dan sifat fathanah (cerdas). dalam kinerja karyawan pelayanan penanganan klaim di bumida dapat disimpulkan  pelaksanaan bekerja sesuai dengan profesionalisme sudah cukup baik berdasarkan indikator profesionalisme , analisis fiqih muamalah terhadap kinerja pelayanan karyawan penanganan klaim mobil PT bumida  sudah cukup baik  sesuai dengan profesionalisme dalam Islam  dan memenuhi indikator profesionalisme dalam fiqih muamalah.
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Hukum Ekonomi Syariah
dc.publisher Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum_ekonomi_syariah/article/view/9145/pdf
dc.rights Copyright (c) 2018 Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah
dc.source Prosiding Hukum Ekonomi Syariah; Vol 4, No 1, Prosiding Hukum Ekonomi Syariah (Februari, 2018); 348-354
dc.source Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah; Vol 4, No 1, Prosiding Hukum Ekonomi Syariah (Februari, 2018); 348-354
dc.source 2460-2159
dc.subject Keuangan dan Perbankan Syariah
dc.subject Pelayanan,profesionalisme ,kinerja karyawan
dc.subject
dc.subject Pelayanan,profesionalisme ,kinerja karyawan
dc.title Analisis Fiqih Muamalah tentang Profesionalisme dalam Kinerja Pelayanan Karyawan Klaim Mobil PT Asuransi Bumida Syariah 1967 Cabang Bandung
dc.title ANALISIS FIQIH MUAMALAH TENTANG PROFESIONALISME DALAM KINERJA PELAYANAN KARYAWAN KLAIM MOBIL PT ASURANSI BUMIDA SYARIAH 1967 CABANG BANDUNG
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type kualitatif
dc.type


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account