dc.contributor |
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan |
|
dc.contributor |
|
|
dc.creator |
Tamim, Tamim |
|
dc.creator |
Sobarna, Ayi |
|
dc.creator |
Tsaury, Adang M. |
|
dc.date |
2018-08-08 |
|
dc.identifier |
http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/12327 |
|
dc.description |
Abstract. Students’ understanding on tajwid material begins with remembering the tajwid material. A constraint is in memorizing the group of hijaiayah letters based on the tajwid rule. The reason is because the group of letters has no regular order or rank. Thus, it needs a method that makes it easier for students to group the letter. With the easiness, the students will also find it easier to comprehend the tajwid material. An alternative for solving the problem is by using a mnemonic strategy. The present research was an attempt to enhance the competence of students in understanding tajwid material. The research was conducted to the grade-VII students of Bandung Babussalam SMP (Junior High School) Plus. It was conducted by using a classroom Action Research. It consisted of three cycles. Each cycle consisted of planning, implementation, observation, and reflection activities. The conclusion that could be drawn was that using a mnemonic strategy can improve students’ understanding on tajwid material in Al Quran course in SMP Plus Babussalam Bandung.Keywords: Tajwid material, Mnemonic Strategy, Tajwid and Mnemonic strategy.Abstrak. Pemahaman siswa terhadap materi tajwid diwali dengan mengingat materi tajwid. Adapun kendalanya yakni menghafal kelompok huruf hijaiayah berdasarkan ketentuan hukum tajwid tersebut. Penyebabnya, kelompok-kelompok huruf tersebut tidak memiliki urutan yang beraturan. Dengan demikian, diperlukan metode yang memudahkan siswa agar mengelompokkan huruf-huruf tersebut. Dengan kemudahan tersebut, para siswa mengalami kemudahan pula untuk memahami materi tajwid tersebut. Alternatif pemecahan masalahnya adalah dengan menggunakan strategi mnemonik. Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan kemampuan para siswa memahami materi tajwid. Penelitian dilakukan pada siswa kelas VII SMP Plus Babussalam Bandung. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terdiri atas tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Simpulan yang dapat diambil adalah bahwa penggunaan strategi mnemonik dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi tajwid dalam mata pelajaran Al Qurán di SMP Plus Babusalam Bandung.Kata Kunci: Materi Tajwid, Strategi Mnemonik, Tajwid Strategi Mnemonik. |
|
dc.description |
Pemahaman siswa terhadap materi tajwid diwali dengan mengingat materi tajwid. Adapun kendalanya yakni menghafal kelompok huruf hijaiayah berdasarkan ketentuan hukum tajwid tersebut. Penyebabnya, kelompok-kelompok huruf tersebut tidak memiliki urutan yang beraturan. Dengan demikian, diperlukan metode yang memudahkan siswa agar mengelompokkan huruf-huruf tersebut. Dengan kemudahan tersebut, para siswa mengalami kemudahan pula untuk memahami materi tajwid tersebut. Alternatif pemecahan masalahnya adalah dengan menggunakan strategi mnemonik. Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan kemampuan para siswa memahami materi tajwid. Penelitian dilakukan pada siswa kelas VII SMP Plus Babussalam Bandung. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terdiri atas tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Simpulan yang dapat diambil adalah bahwa penggunaan strategi mnemonik dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi tajwid dalam mata pelajaran Al Qurán di SMP Plus Babusalam Bandung. |
|
dc.format |
application/pdf |
|
dc.language |
eng |
|
dc.publisher |
Universitas islam Bandung |
|
dc.relation |
http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/12327/pdf |
|
dc.relation |
http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/downloadSuppFile/12327/2588 |
|
dc.relation |
http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/downloadSuppFile/12327/2589 |
|
dc.rights |
Copyright (c) 2018 Prosiding Pendidikan Agama Islam |
|
dc.source |
Prosiding Pendidikan Agama Islam; Vol 4, No 2, Pendidikan Agama Islam (Agustus, 2018); 237-243 |
|
dc.source |
Prosiding Pendidikan Agama Islam; Vol 4, No 2, Pendidikan Agama Islam (Agustus, 2018); 237-243 |
|
dc.source |
2460-6413 |
|
dc.subject |
Pendidikan Agama Islam |
|
dc.subject |
Materi Tajwid, Strategi Mnemonik, Tajwid Strategi Mnemonik |
|
dc.subject |
|
|
dc.subject |
Materi Tajwid, Strategi Mnemonik, Tajwid Strategi Mnemonik. |
|
dc.title |
Telaah Pelaksanaan Pembelajaran Materi Tajwid melalui Strategi Mnemonik |
|
dc.title |
Telaah Pelaksanaan Pembelajaran Materi Tajwid Melalui Strategi Mnemonik |
|
dc.type |
info:eu-repo/semantics/article |
|
dc.type |
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
dc.type |
Peer-reviewed Article |
|
dc.type |
Kuantitatif |
|
dc.type |
|
|