Universitas Islam Bandung Repository

Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Ekspresif Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Role Playing

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
dc.creator Sumiati, Yanti
dc.creator Sobarna, Ayi
dc.creator Inten, Dinar Nur
dc.date 2018-08-06
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/paud/article/view/11682
dc.description Abstract. Teacher-centered education is one of the causes of expressive language skills that are less optimal because learning is not challenging for children. Collaborative action research through role playing method is one effort to improve expressive language skill in children aged 5-6 years in PAUD AZ-ZAHRA Mekarsaluyu Bandung. The research subjects were 16 children consisting of 7 boys and 9 girls. Technique of collecting data using observation, interview, and documentation, while data analysis using descriptive qualitative and quantitative. The results showed a gradual increase, before the expressive ability of language skills in children reached 30.32%, this result shows the ability of expressive language in the child is still low based on predetermined success indicator. In Cycle I after action increased to 53.80%. Subsequent actions in Cycle II reached 73.40%. To get optimal result done next action in Cycle III result reach 87,5% is in category Developing Very Good, thus result of research indicate that ability expressive language at child age 5-6 years in PAUD AZ-ZHRA Mekarsaluyu Bandung can be improved through method of role playing lessons. Keywords: language, expressive, role playing Abstrak. Pendidikan yang berpusat pada guru  menjadi salah satu penyebab kemampuan berbahasa ekspresif kurang optimal karena pembelajaran tidak menantang bagi anak. Penelitian  tindakan kolaboratif melalui metode role playing merupakan salah satu upaya meningkatkan kemamapuan berbahasa ekspresif pada anak usia 5-6 tahun di PAUD AZ-ZAHRA Mekarsaluyu Bandung. Subjek penelitian sebanyak 16 anak  terdiri dari 7 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan secara bertahap,  sebelum tindakan kemampuan berbahasa ekspresif pada anak mencapai 30,32%, hasil ini menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif pada anak tersebut masih rendah berdasarkan pada indikator keberhasilan yang telah ditentukan. Pada Siklus I setelah adanya tindakan meningkat menjadi 53,80%. Tindakan selanjutnya pada Siklus II mencapai 73,40%. Untuk mendapatkan hasil yang optimal dilakukan tindakan selanjutnya pada Siklus III hasilnya mencapai 87,5% berada pada kategori Berkembang Sangat Baik, dengan demikian hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berbahasa ekspresif pada anak usia 5-6 tahun di PAUD AZ-ZHRA Mekarsaluyu Bandung dapat ditingkatkan melalui metode pembelajaran role playing. Kata Kunci :  berbahasa,  ekspresif, role playing
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/paud/article/view/11682/pdf
dc.rights Copyright (c) 2018 Prosiding Pendidikan Guru PAUD
dc.source Prosiding Pendidikan Guru PAUD; Vol 4, No 2, Pendidikan Guru PAUD (Agustus, 2018); 94-102
dc.source Prosiding Pendidikan Guru PAUD; Vol 4, No 2, Pendidikan Guru PAUD (Agustus, 2018); 94-102
dc.source 2460-6421
dc.subject Pendidikan Guru PAUD
dc.subject berbahasa, ekspresif, role playing
dc.title Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Ekspresif Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Role Playing
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - PG PAUD [106]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account