Universitas Islam Bandung Repository

Analisis Tingkat Kepuasan Nasabah dan Layanan Fasilitas Perbankan Terhadap Keputusan Nasabah dalam Pembukaan Rekening Baru di BPRS Mitra Harmoni Kota Bandung

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Syariah
dc.contributor
dc.creator Rama, Dwi Putri Mustika
dc.creator Azib, Azib
dc.creator Senjiati, Ifa Hanifia
dc.date 2018-08-03
dc.date.accessioned 2019-01-22T06:31:51Z
dc.date.available 2019-01-22T06:31:51Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum_ekonomi_syariah/article/view/11144
dc.identifier.uri http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum_ekonomi_syariah/article/view/11144
dc.description Abstract. Increasing the number of accounts that reflect the strength of DPK in a syariah bank is a very important thing. Therefore, various ways performed by Islamic banks including BPRS Mitra Harmoni to increase the number of customers by improving the quality of existing service facilities owned. Based on the above description of the background as well as the focus of the problem as mentioned, then the research problem described in the formulation of the problem as follows: What is the level of customer satisfaction in BPRS Mitra Harmoni Bandung? How is the banking service performed by BPRS Mitra Harmoni Bandung? And how to analyze the level of customer satisfaction and banking facilities services against customer decisions in the opening of new accounts at BPRS Mitra Harmoni Bandung? The purpose of this study is to determine the level of customer satisfaction at BPRS Mitra Harmoni Bandung, banking facilities services implemented by BPRS Harmoni Partners Bandung and the influence of customer satisfaction levels and banking facilities services against customer decisions in the opening of a new account at BPRS Mitra Harmoni Bandung. The research method used is descriptive analysis verivikatif by examining the level of customer satisfaction and banking services in BPRS Mitra Harmoni Bandung and its influence on customer decisions in opening new accounts. Data collection techniques were conducted by distributing questionnaires to customers and data analysis was done through multiple linear regression analysis using SPSS series 20 for window. The conclusion of this research is the level of customer satisfaction in BPRS Mitra Harmoni Bandung is satisfied with the service given by management as well as being the account holder customer at BPRS Mitra Harmoni, banking service facility at BPRS Mitra Harmoni Bandung can give satisfaction to the customer and there is influence from the level of customer satisfaction and banking facilities services against customer decisions in the opening of new accounts at BPRS Mitra Harmoni Bandung. Keywords: Services, Sharia Banking, Accounts, and Customers. Abstrak. Peningkatan jumlah rekening yang menjadi cerminan kekuatan DPK pada suatu bank syariah merupakan suatu hal yang sangat penting. Oleh karena itu, berbagai cara dilakukan oleh bank syariah termasuk BPRS Mitra Harmoni untuk meningkatkan jumlah nasabah dengan meningkatkan kualitas fasilitas pelayanan yang ada dimilikinya. Berdasarkan uraian latar belakang di atas serta fokus masalah sebagaimana disebutkan, maka masalah penelitian diuraikan pada rumusan masalah sebagai berikut : Bagaimana tingkat kepuasan nasabah pada BPRS Mitra Harmoni Kota Bandung ? Bagaimana pelayanan fasilitas perbankan yang dilaksanakan oleh BPRS Mitra Harmoni Kota Bandung ? Dan bagaimana analisis tingkat kepuasan nasabah dan pelayanan fasilitas perbankan terhadap keputusan nasabah dalam pembukaan rekening baru di BPRS Mitra Harmoni Kota Bandung ? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan nasabah pada BPRS Mitra Harmoni Kota Bandung, pelayanan fasilitas perbankan yang dilaksanakan oleh BPRS Mitra Harmoni Kota Bandung dan pengaruh tingkat kepuasan nasabah dan pelayanan fasilitas perbankan terhadap keputusan nasabah dalam pembukaan rekening baru di BPRS Mitra Harmoni Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis verivikatif dengan meneliti tingkat kepuasan nasabah dan pelayanan perbankan di BPRS Mitra Harmoni Kota Bandung serta pengaruhnya terhadap keputusan nasabah dalam membuka rekening baru. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pembagian kuesioner kepada para nasabah dan analisa data dilakukan melalui perhitungan analisis regresi linier berganda dengan pengolahan menggunakan program SPSS seri 20 for window.  Simpulan dari penelitian ini adalah tingkat kepuasan nasabah di BPRS Mitra Harmoni Kota Bandung sudah puas atas pelayanan yang diberikan manajemen maupun selama menjadi nasabah pemegang rekening pada BPRS Mitra Harmoni, layanan fasilitas perbankan di BPRS Mitra Harmoni Kota Bandung dapat memberikan kepuasan kepada nasabah dan terdapat pengaruh dari tingkat kepuasan nasabah dan pelayanan fasilitas perbankan terhadap keputusan nasabah dalam pembukaan rekening baru di BPRS Mitra Harmoni Kota Bandung.
dc.description Peningkatan jumlah rekening yang menjadi cerminan kekuatan DPK pada suatu bank syariah merupakan suatu hal yang sangat penting. Oleh karena itu, berbagai cara dilakukan oleh bank syariah termasuk BPRS Mitra Harmoni untuk meningkatkan jumlah nasabah dengan meningkatkan kualitas fasilitas pelayanan yang ada dimilikinya. Berdasarkan uraian latar belakang di atas serta fokus masalah sebagaimana disebutkan, maka masalah penelitian diuraikan pada rumusan masalah sebagai berikut : Bagaimana tingkat kepuasan nasabah pada BPRS Mitra Harmoni Kota Bandung ? Bagaimana pelayanan fasilitas perbankan yang dilaksanakan oleh BPRS Mitra Harmoni Kota Bandung ? Dan bagaimana analisis tingkat kepuasan nasabah dan pelayanan fasilitas perbankan terhadap keputusan nasabah dalam pembukaan rekening baru di BPRS Mitra Harmoni Kota Bandung ? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan nasabah pada BPRS Mitra Harmoni Kota Bandung, pelayanan fasilitas perbankan yang dilaksanakan oleh BPRS Mitra Harmoni Kota Bandung dan pengaruh tingkat kepuasan nasabah dan pelayanan fasilitas perbankan terhadap keputusan nasabah dalam pembukaan rekening baru di BPRS Mitra Harmoni Kota Bandung.Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis verivikatif dengan meneliti tingkat kepuasan nasabah dan pelayanan perbankan di BPRS Mitra Harmoni Kota Bandung serta pengaruhnya terhadap keputusan nasabah dalam membuka rekening baru. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pembagian kuesioner kepada para nasabah dan analisa data dilakukan melalui perhitungan analisis regresi linier berganda dengan pengolahan menggunakan program SPSS seri 20 for window. Simpulan dari penelitian ini adalah tingkat kepuasan nasabah di BPRS Mitra Harmoni Kota Bandung sudah puas atas pelayanan yang diberikan manajemen maupun selama menjadi nasabah pemegang rekening pada BPRS Mitra Harmoni, layanan fasilitas perbankan di BPRS Mitra Harmoni Kota Bandung dapat memberikan kepuasan kepada nasabah dan terdapat pengaruh dari tingkat kepuasan nasabah dan pelayanan fasilitas perbankan terhadap keputusan nasabah dalam pembukaan rekening baru di BPRS Mitra Harmoni Kota Bandung.
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Hukum Ekonomi Syariah
dc.publisher Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum_ekonomi_syariah/article/view/11144/pdf
dc.rights Copyright (c) 2018 Prosiding Hukum Ekonomi Syariah
dc.source Prosiding Hukum Ekonomi Syariah; Vol 4, No 2, Prosiding Hukum Ekonomi Syariah (Agustus, 2018); 1056-1062
dc.source Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah; Vol 4, No 2, Prosiding Hukum Ekonomi Syariah (Agustus, 2018); 1056-1062
dc.source 2460-2159
dc.subject Hukum Ekonomi Syariah
dc.subject Services, Sharia Banking, Accounts, and Customers
dc.subject
dc.subject
dc.title Analisis Tingkat Kepuasan Nasabah dan Layanan Fasilitas Perbankan Terhadap Keputusan Nasabah dalam Pembukaan Rekening Baru di BPRS Mitra Harmoni Kota Bandung
dc.title Analisis Tingkat Kepuasan Nasabah Dan Layanan Fasilitas Perbankan Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Pembukaan Rekening Baru Di BPRS Mitra Harmoni Kota Bandung
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif
dc.type


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account