Abstract:
Tenaga pendidik sebagai ujung tombak dunia pendidikan mempunyai peran serta
tanggung jawab yang besar untuk kemajuan dan masa depan bangsa. Dosen scbagai
tennga pendidik di tingkat perguruan tinggi mempunyai kewajiban dalam melaksanakan
tridharrna perguruan tinggi, yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan
pengembangan, serta pengabdian kepada masyarakat, maka salah satu kewajiban dosen
mengupayakan agar kctiganya dapat berjalan baik dan lanear serta efektif dan hendaknya
seiring sejalan dcngan pcrkembangan zaman.
Pcnelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan tcknologi informasi yang
berdampak pada perkembangan media massa sebagai channel komunikasi melalui media
baru seperti media digital dan konvergensi media. Dari sekian jenis media massa
bcbcrapa diantaranya digunakan sebagai media pernbelajaran atau yang disebut juga teks
pedagogik atau teks akademik. Teks akademik ini saat ini sudah hadir dalam bentuk
media digital dan konvcrgensi media. Salah satu contohnya adalah e-book dan e-journal.
Scmentara dalam memenuhi tiga unsur tridharma, dosen dituntut untuk dapat beradaptasi
dcngan teknologi informasi yang terkini dalam bentuk media baru tersebut. Mulai dari
penyediaan sumber bahan ajar sampai pada pengunggahan karya ilmiah.Hal tcrscbut
salah satunya menjadi prasyarat untuk kenaikan jabatan fungsional bagi tenaga pendidik
di perguruan tinggi, Dalam hal ini dosen berperan sebagai penerima dan penyedia konten .
Sccara umum penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai
perilaku bermedia digital dalam melaksanakan tridharrna perguruan tinggi dikalangan
dosen Unisba. Hal ini menjadi khazanah keilmuan dalam kajian penggunaan media
digital dalam setting pendidikan. Penelitian ini dapat membantu memberikan gambaran
bagaimana dosen Unisba beradaptasi dan upaya penggunaan media digital dalam
menunjang kcgiatan tridharma perguruan tinggi di Unisba.
Subjck penelitian ini adalah dosen unisba yang terdiri dari 10 fakultas yakni
Fakultas Syariah, Fakultas Dakwah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Hukum,
Fakultas Psikologi, Fakultasmipa, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas
Ekonomi dan Bisnis, dan Fakultas Kedokteran. Merujuk pada data kepegawaian Unisba
tahun 2016, tereaeat 450 dosen tetap yang bekerja di Unisba yang terscbar disepuluh
fakultas tersebut. Pcngumpulan data dilakukan menggunakan alat ukur angket dan
wawancara mengenai perilaku subjek dalam menggunakan media digital baik sebagai
pengguna maupun scbagai penyedia konten. Penelitian ini direncanakan akan
dipublikasikan rnelalui Snapp Unisba dan Jurnal Mediator dan juga memiliki reneana
luarnn jurnal ilmiah nasionallain.
Pengumpulan data yang telah diJakukan menggunakan alat ukur kuesioner yang
mengukur tingkat adaptasi dan upaya penggunaan media digital dalam menunjang
kegiatan tridharma perguruan tinggi di Unisba. Gambaran dari penelitian ini akan
mcmbantu memberikan masukan bagi institusi untuk membuat kebijakan sehingga dosen
Unisba dapat terus mengikuti tuntutan era digital. Hal ini dilakukan sebagai upaya Unisba
menjadi perguruan tinggi Islam yang terkemuka.