Universitas Islam Bandung Repository

Analisis Etika Pemasaran Syariah Terhadap Praktik Salesman dalam Penjualan Produk di Toko Lugina Sukamelang Subang

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Syariah
dc.creator Maulana, Irham
dc.creator Senjiati, Ifa Hanifia
dc.creator Rojak, Encep Abdul
dc.date 2019-08-01
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum_ekonomi_syariah/article/view/16670
dc.description Abstarct. A businessman expects the profit in every sales activity. Islam views this profit not only from obtained material amount but also based on Allah’s favor and blessing. Sharia marketing ethics is the principle marketing that runs its functions based on Islamic jurisprudences. The problem occurred is the salesman who makes a product sale in Lugina store, Sukamelang, Subang city. He adds some products that were not ordered by store’s owner.The aim of this study is to find out how does sharia marketing ethic work in product sale, to find out the sharia marketing ethic analysis on salesman practice in Lugina store’s product sale. This research uses qualitative method. The method of collecting data used is field research. It is done by observation, interview, and documentation study. The technique of analyzing data used is triangulation.The result of this study is that salesman should have the aspect of sharia marketing ethics to sell his product. He should have a spiritual personality, good personality and sympathy, being fair in business, serving costumers humbly, always keeping promises and avoiding fraud, honest and trustworthy, not detrimental , does not like to speak ill and does not make bribes. The aspects of sharia marketing ethics are still not done perfectly by salesman who sells his products at Lugina store, Sukamelang, Subang city. It is caused by violated sharia marketing ethics. They are the values of taqwa, siddiq, al'adl, tahfif and al amanahKeywords : Sharia Marketing Ethics, Sales and Salesman Abstrak. Pelaku usaha sangat mengharapkan keuntungan dalam setiap kegiatan penjualannya. Islam memandang keuntungan tidak hanya berasal dari jumlah materi yang didapat saja tetapi juga mendapat keberkahan dan keridhoan Allah. Etika pemasaran syariah adalah prinsip-prinsip pemasaran syariah yang menjalankan fungi-fungi pemasaran secara Islam. Permasalahan yang terjadi salesman yang melakukan penjualan produk di toko Lugina Sukamelang Subang melakukan penambahan produk yang tidak dipesan oleh pemilik toko Lugina Sukamelang Subang.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana etika pemasaran syariah dalam penjualan produk, untuk mengetahui analisis etika pemasaran syariah terhadap praktik salesman dalam penjualan produk di toko Lugina Sukamelang Subang. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif, dan pengumpulan data menggunakan metode field research (lapangan). Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan yuridis empiris. Kesimpulan penelitian ini adalah aspek etika pemasaran syariah harus dimiliki oleh salesman dalam menjual produknya yaitu memiliki kepribadian spiritual, berkepribadian baik dan simpatik, berlaku adil dalam bisnis, melayani pelanggan dengan rendah hati, selalu menepati janji dan menghindari kecurangan, jujur dan terpercaya, tidak berburuk sangka, tidak suka menjelek-jelekkan dan tidak melakukan suap. Aspek etika pemasaran syariah masih belum dilakukan dengan sempurna oleh salesman yang melakukan penjualan produknya di toko Lugina Sukamelang Subang karena 4 salesman masih terdapat satu salesman yang tidak sesuai dengan etika pemasaran syariah, aspek yang dilanggar yaitu nilai takwa, shiddiq, al’adl, tahfif dan al amanah.Kata kunci : Etika Pemasaran Syariah, Penjualan dan Salesman.
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Hukum Ekonomi Syariah
dc.publisher Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum_ekonomi_syariah/article/view/16670/pdf
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum_ekonomi_syariah/article/downloadSuppFile/16670/3670
dc.rights Copyright (c) 2019 Prosiding Hukum Ekonomi Syariah
dc.source Prosiding Hukum Ekonomi Syariah; Vol 5, No 2, Prosiding Hukum Ekonomi Syariah (Agustus, 2019); 549-553
dc.source Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah; Vol 5, No 2, Prosiding Hukum Ekonomi Syariah (Agustus, 2019); 549-553
dc.source 2460-2159
dc.subject Hukum Ekonomi Syariah
dc.subject Etika Pemasaran Syariah, Penjualan dan Salesman.
dc.title Analisis Etika Pemasaran Syariah Terhadap Praktik Salesman dalam Penjualan Produk di Toko Lugina Sukamelang Subang
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account