Universitas Islam Bandung Repository

Meningkatkan Kemandirian Anak Melalui Penggunaan Media Kartu Bergambar dalam Kegiatan Bercerita pada Anak Kelompok B PAUD Tahfizh Pintar 2 Jl. Abadi 1 No. 25 Gegerkalong Kota Bandung

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
dc.creator Fauziah, Dwi Nur
dc.creator Erhamwilda, Erhamwilda
dc.creator Suhardini, Asep Dudi
dc.date 2019-08-12
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/paud/article/view/18965
dc.description Abstract. This research is motivated by students of B group PAUD Tahfizh Pintar 2, stating that some children experience independence problems in activities tidying and maintaining daily personal hygiene in schools and the environment, also independence in eating habits is still experiencing problems, this is due to lack of independence of children in Daily activities at school, dependence on the teacher, the child's desire to always ask for help from the teacher, and the lack of willingness to try to do it themselves, must always be reminded. This research is a classroom action research conducted collaboratively. This research was conducted in 2 cycles, in one cycle there were 2 actions. The research subjects were group B students of Paud Tahfizh Pintar 2 totaling 11 students. Data collection techniques using direct observation and performance. The results of this study note that 1) storytelling techniques can increase independence in group B using picture cards, 2) an increase in each cycle, in the first cycle there was a slight increase, in the second cycle the most clearly visible increase in the independence of children in tidying activities and maintain daily personal hygiene at school and the environment, as well as independence in eating habits. 3) in each activity there must be a reward for each student. The use of storytelling techniques using picture cards using Classroom Action Research in increasing independence can be said to be successful.              Keywords: Independence, method of storytelling, picture cardsAbstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa  kelompok B PAUD Tahfizh Pintar 2 menyatakan bahwa sebagian anak mengalami masalah kemandirian dalam aktifitas merapihkan dan menjaga kebersihan diri sehari-hari di sekolah dan lingkungan, juga kemandirian dalam pembiasaan makan masih mengalami masalah, hal ini disebabkan karena kurangnya kemandirian anak dalam kegiatan sehari-hari di sekolah, ketergantungan pada guru, keinginan anak untuk selalu meminta bantuan kepada guru, dan kurangnya keinginan untuk berusaha mencoba melakukannya sendiri, harus  selalu diingatkan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan secara kolaboratif. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dalam satu siklus ada 2 tindakan. Subjek penelitian siswa kelompok B Paud Tahfizh Pintar 2 yang berjumlah 11 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi secara langsung dan unjuk kerja. Hasil penelitian ini diketahui bahwa 1)  teknik bercerita dapat meningkatkan kemandirian di kelompok B menggunakan  kartu bergambar, 2) terjadi peningkatan dalam setiap siklusnya, pada siklus I adanya sedikit peningkatan, pada siklus II sebagian besar sudah terlihat  sangat jelas peningkatannya  pada kemandirian anak dalam aktifitas merapihkan dan menjaga kebersihan diri sehari-hari di sekolah dan lingkungan, juga kemandirian dalam pembiasaan makan. 3) pada setiap kegiatan harus adanya rewardkepada setiap siswa. Penggunaan teknik bercerita menggunakan kartu bergambar dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dalam meningkatkan kemandirian dapat dikatakan berhasil       Kata kunci: Kemandirian, Metode bercerita, kartu bergambar
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/paud/article/view/18965/pdf
dc.rights Copyright (c) 2019 Prosiding Pendidikan Guru PAUD
dc.source Prosiding Pendidikan Guru PAUD; Vol 5, No 2, Pendidikan Guru PAUD (Agustus, 2019); 87-92
dc.source Prosiding Pendidikan Guru PAUD; Vol 5, No 2, Pendidikan Guru PAUD (Agustus, 2019); 87-92
dc.source 2460-6421
dc.subject Pendidikan Guru PAUD
dc.subject Kemandirian, metode bercerita, kartu bergambar
dc.title Meningkatkan Kemandirian Anak Melalui Penggunaan Media Kartu Bergambar dalam Kegiatan Bercerita pada Anak Kelompok B PAUD Tahfizh Pintar 2 Jl. Abadi 1 No. 25 Gegerkalong Kota Bandung
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - PG PAUD [106]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account