Universitas Islam Bandung Repository

Studi Deskriptif Mengenai Leadership pada Siswa Kelas XII di SMAIT Miftahul Khoir Bandung

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor
dc.creator Purnamawati, Linda
dc.creator Susandari, Susandari
dc.date 2017-01-25
dc.date.accessioned 2019-09-10T02:02:37Z
dc.date.available 2019-09-10T02:02:37Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/6051
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/21205
dc.description Abstract. SMAIT Miftahul Khoir Bandung is a Islamic integrated private high school motivating leadership skills to students. In order to develop students leadership character based on University Illinois USA’s theory there are 7 leadership skills,however not all of students take advantage of theirprogram so they show various level of the skills instead. The purpose program of this research is to get empiricaldata of leadership’s towards grade XII students of SMAIT Miftahul Khoir Bandung. The method in this research was is descriptive  with total subjects 8 students. The measurement was questionnaires based on leadership theory by University Illinois USA,consist  99 valid items with reliability value 0,985 the result shows that Communication skill, Getting Along with Others skill, and Management skill are on the highest category with 100% for each percentage (8 students) and high Understanding-Self skill, Learning To Learn skill, Decision Making skill, and Team Work skill have percentage of 87,5% (7 students), while each medium said skill has percentage of 12,5% (1 student). The highest mean skill is Getting Along with Others skill and the lowest is Decision Making skill.  Abstrak. SMAIT Miftahul Khoir Bandung merupakan sekolah yang memberikan materi kepemimpinan selama tiga tahun kepada siswa. Hal tersebut agar membentuk karakter kepemimpinan pada siswa dan teori yang diacu oleh sekolah adalah kepemimpinan menurut University Illinois USA yang memiliki 7 skills. Kenyataanya tidak semua siswa memanfaatkan kegiatan tersebut  untuk membentuk karakter kepemimpinan. Sehingga skills yang dimunculkan beragam. Tujuan dari penelitian ini adalah memperoleh data empiris gambaran leadership siswa kelas XII SMAIT Miftahul Khoir Bandung. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan jumlah subjek 8 siswa. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner berdasarkan teori kepemimpinan dari University Illinois USA. Berdasarkan norma Croncbach’s Alpha, alat ukur tersebut memiliki 99 item valid dengan nilai reliabilitas 0,985 artinya derajat keterandalannya sangat tinggi. Berdasarkan pengolahan data menggunakan analisis deskriptif dengan statistik presentase dan distribusi frekuensi, diperoleh data bahwa pada Communication skill, Getting Along With Others skill, dan Management skill ada pada kategori tinggi sebanyak 100% (8 siswa) dan Understanding-Self skill,  Learning To Learn skill, Decision Making skill, dan Team Work skill yang tinggi sebanyak 87,5% sedangkan yang sedang sebanyak 12,5%. Berdasarkan mean, skill yang paling berkembang adalah Getting Along With Others skill dan yang kurang berkembang adalah Decision Making skill. 
dc.description SMAIT Miftahul Khoir Bandung merupakan sekolah yang memberikan materi kepemimpinan selama tiga tahun kepada siswa. Hal tersebut agar membentuk karakter kepemimpinan pada siswa dan teori yang diacu oleh sekolah adalah kepemimpinan menurut University Illinois USA yang memiliki 7 skills. Kenyataanya tidak semua siswa memanfaatkan kegiatan tersebut  untuk membentuk karakter kepemimpinan. Sehingga skills yang dimunculkan beragam. Tujuan dari penelitian ini adalah memperoleh data empiris gambaran leadership siswa kelas XII SMAIT Miftahul Khoir Bandung. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan jumlah subjek 8 siswa. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner berdasarkan teori kepemimpinan dari University Illinois USA. Berdasarkan norma Croncbach’s Alpha, alat ukur tersebut memiliki 99 item valid dengan nilai reliabilitas 0,985 artinya derajat keterandalannya sangat tinggi. Berdasarkan pengolahan data menggunakan analisis deskriptif dengan statistik presentase dan distribusi frekuensi, diperoleh data bahwa pada Communication skill, Getting Along With Others skill, dan Management skill ada pada kategori tinggi sebanyak 100% (8 siswa) dan Understanding-Self skill,  Learning To Learn skill, Decision Making skill, dan Team Work skill yang tinggi sebanyak 87,5% sedangkan yang sedang sebanyak 12,5%. Berdasarkan mean, skill yang paling berkembang adalah Getting Along With Others skill dan yang kurang berkembang adalah Decision Making skill. 
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/6051/pdf
dc.rights Copyright (c) 2017 Prosiding Psikologi
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 3, No 1, Prosiding Psikologi (Februari, 2017); 251-256
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 3, No 1, Prosiding Psikologi (Februari, 2017); 251-256
dc.source 2460-6448
dc.subject
dc.subject Character Leadership, Miftahul Khoir Bandung, Islamic Integrated School
dc.subject Psikologi Pendidikan
dc.subject Character Leadership, Miftahul Khoir Bandung, Sekolah Islam Terpadu
dc.title Studi Deskriptif Mengenai Leadership pada Siswa Kelas XII di SMAIT Miftahul Khoir Bandung
dc.title Studi Deskriptif Mengenai Leadership pada Siswa Kelas XII di SMAIT Miftahul Khoir Bandung
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type
dc.type Metode Deskriptif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Psikologi [970]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Psikologi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account