Universitas Islam Bandung Repository

Studi Deskriptif mengenai Hardiness pada Guru di SLB Bina Anugrah Lembang

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor M Ilmi Hatta, Fakultas Psikologi UNISBA
dc.creator Lestari, Rajab Cipta
dc.creator Hatta, Muhammad Ilmi
dc.date 2016-08-10
dc.date.accessioned 2019-09-10T02:03:09Z
dc.date.available 2019-09-10T02:03:09Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/3615
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/21210
dc.description Abstract. Work as a teacher SLB is a job that is susceptible to stress. The workload of teachers who felt that dealing with children with special needs and demands of parents. Sources of stress felt by the teachers are divided into three physical, psychological, and social. In addition to these three things are the internal state such as the ability of teachers, and external conflict that such households. SLB Bina Anugrah Lembang, has 10 teachers and every teacher has a dual role in the classroom and outside the classroom. In class that is taught, and outside the classroom the teachers there being the curriculum, student affairs, public relations, the operator of the school, and skills. It is not easy to do, therefore, may cause the possibility of stress. Combating stress can do them with hardiness, the hardiness is a positive orientation to help a person's life in order to remain healthy despite being on the circumstances under pressure (Kobasa, 1984). Hardiness consists of three aspects, commitment, control and challenge. The usefulness of this research into a reference for prospective special school teachers about what should be owned by a teacher SLB. The method used was a descriptive study, with a number of subjects 9 teachers. Measuring tool using HS-Short form (hardiness scale) based on Bartone which is the development of the theory of Suzanne hardiness. O. Kobasa, the reliability of the measuring instrument 0.891. The results showed that teachers SLB Bina Anugrah have a high level of hardiness that is 100%, and 100% commitment aspects, control 88.89% and 100% challenge.    Abstrak. Pekerjaan menjadi guru SLB merupakan pekerjaan yang rentan terhadap stress. Beban kerja guru yang dirasakan yakni menghadapi anak berkebutuhan khusus dan tuntutan dari orang tua murid. Sumber stress yang dirasakan oleh guru terbagi menjadi tiga fisik, psikologis, dan sosial. Selain ketiga hal tersebut terdapat keadaan internal yakni seperti kemampuan guru, dan eksternal yakni seperti konflik rumah-tangga. SLB Bina Anugrah Lembang, memiliki 10 guru dan setiap guru memiliki peran ganda di dalam kelas dan di luar kelas. Di dalam kelas yakni mengajar, dan di luar kelas para guru ada yang menjadi kurikulum, kesiswaan, humas, operator sekolah, dan keterampilan. Hal tersebut tidak mudah dilakukan, oleh sebab itu dapat menyebabkan kemungkinan terjadinya stress. Penanggulangan stress dapat dilakukan diantaranya dengan hardiness, hardiness adalah orientasi positif untuk membantu  kehidupan seseorang agar tetap sehat walau berada pada keadaan di bawah tekanan (Kobasa, 1984). Hardiness terdiri dari tiga aspek yakni commitment, control, dan challenge. Kegunaan dari penelitian ini menjadi acuan bagi calon guru SLB mengenai apa yang harus dimiliki oleh seorang guru SLB. Metode penelitian yang digunakan adalah studi deskriptif, dengan jumlah subjek 9 guru. Alat ukur menggunakan HS-Short form (Hardiness Scale) berdasarkan pada Bartone yang merupakan pengembangan dari teori hardiness Suzanne. O. Kobasa, reliabilitas alat ukur 0,891. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para guru SLB Bina Anugrah memiliki tingkat hardiness yang tinggi yakni 100%, dan aspek commitment 100%, control 88,89% dan challenge 100%.
dc.description Pekerjaan menjadi guru SLB merupakan pekerjaan yang rentan terhadap stress. Beban kerja guru yang dirasakan yakni menghadapi anak berkebutuhan khusus dan tuntutan dari orang tua murid. Sumber stress yang dirasakan oleh guru terbagi menjadi tiga fisik, psikologis, dan sosial. Selain ketiga hal tersebut terdapat keadaan internal yakni seperti kemampuan guru, dan eksternal yakni seperti konflik rumah-tangga. SLB Bina Anugrah Lembang, memiliki 10 guru dan setiap guru memiliki peran ganda di dalam kelas dan di luar kelas. Di dalam kelas yakni mengajar, dan di luar kelas para guru ada yang menjadi kurikulum, kesiswaan, humas, operator sekolah, dan keterampilan. Hal tersebut tidak mudah dilakukan, oleh sebab itu dapat menyebabkan kemungkinan terjadinya stress. Penanggulangan stress dapat dilakukan diantaranya dengan hardiness, hardiness adalah orientasi positif untuk membantu  kehidupan seseorang agar tetap sehat walau berada pada keadaan di bawah tekanan (Kobasa, 1984). Hardiness terdiri dari tiga aspek yakni commitment, control, dan challenge. Kegunaan dari penelitian ini menjadi acuan bagi calon guru SLB mengenai apa yang harus dimiliki oleh seorang guru SLB. Metode penelitian yang digunakan adalah studi deskriptif, dengan jumlah subjek 9 guru. Alat ukur menggunakan HS-Short form (Hardiness Scale) berdasarkan pada Bartone yang merupakan pengembangan dari teori hardiness Suzanne. O. Kobasa, reliabilitas alat ukur 0,891. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para guru SLB Bina Anugrah memiliki tingkat hardiness yang tinggi yakni 100%, dan aspek commitment 100%, control 88,89% dan challenge 100%.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/3615/pdf
dc.rights Copyright (c) 2016 Prosiding Psikologi
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 2, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2016); 443-446
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 2, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2016); 443-446
dc.source 2460-6448
dc.subject Proceedings of Psychology
dc.subject SLB teachers, hardiness, aspects hardiness
dc.subject psikologi
dc.subject guru SLB, hardiness, aspek hardiness
dc.title Studi Deskriptif mengenai Hardiness pada Guru di SLB Bina Anugrah Lembang
dc.title Studi Deskriptif mengenai Hardiness pada Guru di SLB Bina Anugrah Lembang
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Descriptive Study
dc.type studi deskriptif, pendidikan


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Psikologi [970]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Psikologi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account