Universitas Islam Bandung Repository

Hubungan antara Persepsi Terhadap Komunikasi Interpersonal Orang Tua-Remaja dengan Penyesuaian Sosial di Sekolah pada Siswa Kelas 10 yang Bermasalah di SMAN 1 Ngamprah

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor
dc.creator Roosiantia, Ratu Dwi Nabilah
dc.creator Rahayu, Makmuroh Sri
dc.date 2016-08-10
dc.date.accessioned 2019-09-10T02:03:57Z
dc.date.available 2019-09-10T02:03:57Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/3794
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/21217
dc.description Abstract. SMAN 1 Ngamprah is the only public high school in the Ngamprah district. It vision is to be the flagship school in KBB. But in realizing this vision is not easy because of the increasing number of students who have problems in social adjustment in the academic year 2015-2016. One of the things that affect the social adjustment is a family environment so that the school wants to cooperate with parents. The school has invited parents to communicate about the problem, but there are still parents who are hard to come meet with the school. Students also said that they have not so good communication among themselves with their parents. This study aims to measure how closely the relations between perceptions of interpersonal communication between parents-teenagers with social adjustment in school on students in grade 10 who have problems in SMAN 1 Ngamprah. This study is a population study with research subjects were 30 students of class 10 SMAN 1 Ngamprah problematic. The concept of the theory used is the interpersonal communication parent-teenager who refers to the theories Devito using a measuring instrument the scale of perceptions and social adjustment questionnaire which refers to the theories Schneider. Based on the results of data processing using Spearman rank correlation, there is a fairly close relationship between perceptions of interpersonal communication with the parents-teenagers with social adjustment in school on students in grade 10 who have problems in SMAN 1 Ngamprah, rs = 0,531. It means, the more negative the student perceives the interpersonal communication with parents, the worse social adjustment in school on students in grade 10 who have problems in SMAN 1 Ngamprah. Abstrak. SMAN 1 Ngamprah merupakan satu-satunya SMA negeri di kecamatan Ngamprah. Salah satu visinya adalah menjadi sekolah unggulan di KBB. Namun dalam mewujudkan visi tersebut, tidaklah mudah dengan bertambahnya jumlah siswa yang bermasalah dalam penyesuaian sosial pada tahun ajaran 2015-2016. Salah satu hal yang mempengaruhi penyesuaian sosial adalah lingkungan keluarga sehingga sekolah ingin bekerjasama dengan orang tua. Sekolah telah mengundang orang tua untuk mengkomunikasikan mengenai masalah tersebut, namun masih ada orang tua siswa yang sulit untuk datang menemui pihak sekolah. Siswa pun mengatakan bahwa mereka memiliki komunikasi yang kurang baik antara dirinya dengan orang tua mereka.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa erat hubungan antara persepsi terhadap komunikasi interpersonal orang tua-remaja dengan penyesuaian sosial di sekolah pada siswa kelas 10 yang bermasalah di SMAN 1 Ngamprah. Penelitian ini merupakan studi populasi dengan subjek penelitian sebanyak 30 siswa kelas 10 SMAN 1 Ngamprah yang bermasalah. Konsep teori yang digunakan adalah komunikasi interpersonal orang tua-remaja yang mengacu pada teori Devito dengan menggunakan alat ukur berupa skala persespi dan kuesioner penyesuaian sosial yang mengacu pada teori Schneider. Berdasarkan hasil pengolahan data dengan menggunakan korelasi rank spearman, terdapat hubungan yang cukup erat antara persepsi terhadap komunikasi interpersonal orang tua-remaja dengan penyesuaian sosial di sekolah pada siswa kelas 10 yang bermasalah di SMAN 1 Ngamprah, yaitu rs = 0.531. Artinya, semakin negatif siswa mempersepsi komunikasi interpersonal dengan orang tua maka semakin buruk juga penyesuaian sosial siswa kelas 10 yang bermasalah di SMAN 1 Ngamprah. 
dc.description SMAN 1 Ngamprah merupakan satu-satunya SMA negeri di kecamatan Ngamprah. Salah satu visinya adalah menjadi sekolah unggulan di KBB. Namun dalam mewujudkan visi tersebut, tidaklah mudah dengan bertambahnya jumlah siswa yang bermasalah dalam penyesuaian sosial pada tahun ajaran 2015-2016. Salah satu hal yang mempengaruhi penyesuaian sosial adalah lingkungan keluarga sehingga sekolah ingin bekerjasama dengan orang tua. Sekolah telah mengundang orang tua untuk mengkomunikasikan mengenai masalah tersebut, namun masih ada orang tua siswa yang sulit untuk datang menemui pihak sekolah. Siswa pun mengatakan bahwa mereka memiliki komunikasi yang kurang baik antara dirinya dengan orang tua mereka.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa erat hubungan antara persepsi terhadap komunikasi interpersonal orang tua-remaja dengan penyesuaian sosial di sekolah pada siswa kelas 10 yang bermasalah di SMAN 1 Ngamprah. Penelitian ini merupakan studi populasi dengan subjek penelitian sebanyak 30 siswa kelas 10 SMAN 1 Ngamprah yang bermasalah. Konsep teori yang digunakan adalah komunikasi interpersonal orang tua-remaja yang mengacu pada teori Devito dengan menggunakan alat ukur berupa skala persespi dan kuesioner penyesuaian sosial yang mengacu pada teori Schneider. Berdasarkan hasil pengolahan data dengan menggunakan korelasi rank spearman, terdapat hubungan yang cukup erat antara persepsi terhadap komunikasi interpersonal orang tua-remaja dengan penyesuaian sosial di sekolah pada siswa kelas 10 yang bermasalah di SMAN 1 Ngamprah, yaitu rs = 0.531. Artinya, semakin negatif siswa mempersepsi komunikasi interpersonal dengan orang tua maka semakin buruk juga penyesuaian sosial siswa kelas 10 yang bermasalah di SMAN 1 Ngamprah. 
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/3794/pdf
dc.rights Copyright (c) 2016 Prosiding Psikologi
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 2, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2016); 517-522
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 2, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2016); 517-522
dc.source 2460-6448
dc.subject Proceedings of Psychology
dc.subject Interpersonal Communication, Social Adjustment, Perception
dc.subject Psikologi
dc.subject Komunikasi Interpersonal, Penyesuaian Sosial, Persepsi.
dc.title Hubungan antara Persepsi Terhadap Komunikasi Interpersonal Orang Tua-Remaja dengan Penyesuaian Sosial di Sekolah pada Siswa Kelas 10 yang Bermasalah di SMAN 1 Ngamprah
dc.title Hubungan antara Persepsi Terhadap Komunikasi Interpersonal Orang Tua-Remaja dengan Penyesuaian Sosial di Sekolah pada Siswa Kelas 10 yang Bermasalah di SMAN 1 Ngamprah
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type correlation
dc.type Korelasi


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Psikologi [970]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Psikologi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account