Universitas Islam Bandung Repository

Studi Deskriptif Pengalaman Flow Pada Pengajar Bahasa Inggris LKP Global Learning Kota Bandung

Show simple item record

dc.contributor LKP GLOBAL LEARNING EDUCATION CENTER
dc.creator Sekarningrum, Nyimas Siti Intan Siti Intan
dc.creator Coralia, Farida
dc.date 2017-08-10
dc.date.accessioned 2019-09-10T02:05:24Z
dc.date.available 2019-09-10T02:05:24Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/7712
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/21230
dc.description . Pembelajaran Bahasa Inggris saat ini lebih banyak berupa ceramah dan bersifat teoritis sehingga siswa menganggapnya sebagai pelajaran yang membosankan dan sulit. Tantangan bagi pengajar LKP Global Learning adalah untuk dapat meningkatkan minat siswa terhadap Bahasa Inggris agar lebih berpartisipasi aktif sehingga pembelajaran menjadi efektif. Pembelajaran efektif dapat tercapai ketika mereka merasakan emosi positif saat mengajar. Emosi positif tersebut merupakan salah satu indikasi terjadinya pengalaman flow, disertai dengan perasaan tertantang untuk terus meningkatkan kemampuan yang dimiliki, kehilangan kesadaran akan jalannya waktu, pengarahan seluruh pikiran, perasaan, serta perilaku hanya untuk hal-hal yang berhubungan dengan kegiatan mengajar hingga urusan lain terabaikan, serta adanya motivasi intrinsik untuk terus mengajar. Menurut Csikszentmihalyi (1990), flow adalah pengalaman positif yang terjadi ketika seseorang menjadi satu dengan aktivitasnya dan terdiri dari sembilan dimensi. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh data empiris berupa skor tingkat flow dan menentukan apakah pengajar masuk dalam keadaan flow atau tidak. Penelitian populasi ini menggunakan metode studi deskriptif dengan subjek berjumlah delapan orang. Alat ukur yang digunakan adalah Dispositional Flow Scale-2 (DFS-2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada umumnya, pengalaman flow ditemukan pada pengajar Bahasa Inggris. Dimensi flow yang masih rendah adalah unambiguous feedback, action-awareness merging, dan loss of self consciousness.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/7712/pdf
dc.rights Copyright (c) 2017 Prosiding Psikologi
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 3, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2017); 1048-1055
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 3, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2017); 1048-1055
dc.source 2460-6448
dc.subject Psikologi
dc.subject Flow, Pengajar, Bahasa Inggris
dc.title Studi Deskriptif Pengalaman Flow Pada Pengajar Bahasa Inggris LKP Global Learning Kota Bandung
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Studi Deskriptif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Psikologi [970]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Psikologi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account