Universitas Islam Bandung Repository

HUBUNGAN IKLIM KELAS DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI IS-4 SMA NEGERI 1 SINGAPARNA TASIKMALAYA

Show simple item record

dc.contributor FAKULTAS PSIKOLOGI
dc.creator NINGRUM, UTAMI PRATIWI
dc.creator RAHAYU, MAKMUROH SRI
dc.date 2015-08-09
dc.date.accessioned 2019-09-10T02:05:38Z
dc.date.available 2019-09-10T02:05:38Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/1217
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/21232
dc.description Kondisi kelas yang kondusif akan mempengaruhi proses belajar siswa. Keadaan kelas dimana para siswa memiliki hubungan yang erat dengan teman-teman dan gurunya, serta para siswa yang selalu memperhatikan dan tertarik dengan kegiatan belajar, berhubungan dengan keadaan diri siswa yang memiliki semangat dalam belajar. Hal ini dijelaskan melalui teori iklim kelas menurut Rawnsley & Fisher (1998) dan teori motivasi belajar menurut Wlodkowski (1993). Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan data empirik mengenai keeratan hubungan antara iklim kelas dengan motivasi belajar siswa kelas XI IS-4 di SMA N 1 Singaparna Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasi dan subyek penelitian berjumlah 28 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan alat ukur berupa skala pemaknaan iklim kelas dari Fraser, McRobbie, dan Fisher (2009) dan skala motivasi belajar yang disusun berdasarkan aspek-aspek motivasi belajar menurut Worell dan Stiwell (2006). Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh korelasi antara iklim kelas dengan motivasi belajar sebesar . Menurut tabel Guilford (Subino, 1987) korelasi tersebut termasuk ke dalam kriteria derajat korelasi yang cukup berarti. Hal ini menunjukkan ada hubungan yang tinggi antara iklim kelas dengan motivasi belajar siswa. Artinya semakin negatif kondisi kelas yang dimaknai oleh para siswa, maka motivasi belajar siswa akan semakin rendah. Terdapat aspek-aspek iklim kelas yang memiliki korelasi tinggi dengan motivasi belajar yaitu aspek task orientation dengan korelasi  0,843, aspek student cohesiveness dengan korelasi 0,808, dan aspek involvement dengan korelasi 0,796.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/1217/pdf
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 1, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2015); 262-270
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 1, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2015); 262-270
dc.source 2460-6448
dc.subject Psikologi
dc.subject Iklim kleas, motivasi belajar, Remaja
dc.title HUBUNGAN IKLIM KELAS DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI IS-4 SMA NEGERI 1 SINGAPARNA TASIKMALAYA
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Psikologi [970]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Psikologi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account