Universitas Islam Bandung Repository

Studi Deskriptif Student Wellbeing Pada Siswa SMP Homeschooling Pewaris Bangsa Bandung

Show simple item record

dc.contributor
dc.creator Aris, Afroh Sahenda Pratiwi
dc.creator Djamhoer, Temi Damayanti
dc.date 2017-08-10
dc.date.accessioned 2019-09-10T02:07:08Z
dc.date.available 2019-09-10T02:07:08Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/7552
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/21245
dc.description Homeschooling Pewaris Bangsa merupakan homeschooling yang berada di Bandung yang telah memiliki izin operasional dari Dinas Pendidikan Kota Bandung sejak tahun 2010 untuk melakukan administrasi dan kegiatan belajar pada jenjang SD, SMP, dan SMA. Dua belas dari 14 siswa SMP HSPB merupakan siswa pindahan dari sekolah formal yang disebabkan oleh berbagai hal yang menunjukkan satu kesamaan yaitu siswa merasa kebutuhan belajar tidak terpenuhi dengan baik. Jumlah tersebut merupakan jumlah siswa pindahan terbanyak diantara jenjang yang lainnya. Setelah pindah ke homeschooling, siswa merasakan adanya peningkatan dalam aktivitas belajar yaitu mampu menyelesaikan tugas tepat waktu, nilai latihan maupun ujian yang meningkat pada pelajaran tertentu, menemukan cara belajar sendiri, mengenali potensi minat dan bakat yang dimiliki, serta produktif pada kegiatan non akademik. Untuk itu, penelitian ini bertujuan menggambarkan student wellbeing siswa SMP HSPB. Student wellbeing merupakan keadaan emosional yang menunjukkan karakteristik adanya suasana hati dan perilaku yang positif, hubungan positif dengan teman sebaya dan guru, resiliensi, sikap yang optimis, dan kepuasan pada pengalaman belajar di sekolah (Noble dkk, 2008; NSSF, 2011). Aspek-aspek student wellbeing yaitu positivity, resilience, self-optimisation, dan satisfaction. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan populasi sebanyak 14 siswa. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner, dibuat dan dikembangkan berdasarkan teori Student Wellbeing oleh McGrath dan Noble (2011). Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 50% atau 7 dari 14 siswa SMP HSBP memiliki student wellbeing yang tinggi dan aspek yang paling berperan dalam pembentukan student wellbeing adalah aspek positivity.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/7552/pdf
dc.rights Copyright (c) 2017 Prosiding Psikologi
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 3, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2017); 767-774
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 3, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2017); 767-774
dc.source 2460-6448
dc.subject
dc.subject Student Wellbeing, Homeschooling, SMP.
dc.title Studi Deskriptif Student Wellbeing Pada Siswa SMP Homeschooling Pewaris Bangsa Bandung
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Psikologi [970]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Psikologi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account