Universitas Islam Bandung Repository

Hubungan antara Self Regulation dengan Persepsi terhadap Proses Pembelajaran pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran UNISBA

Show simple item record

dc.contributor Psikologi
dc.contributor
dc.creator Muliakoswara, Hanif Annisa
dc.creator Aslamawati, Yuli
dc.date 2018-08-06
dc.date.accessioned 2019-09-10T02:08:01Z
dc.date.available 2019-09-10T02:08:01Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/11524
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/21253
dc.description Abstrack. Responsibility as medical student with hectic schedule in almost everyday and a lot of task they have to do demand them to focus on academic activities. However, some of them also willing to take responsibility to became an organization committee in their faculty organizations or other organizations and be able to balance their role as students and organization committee. Medical students who also became an organization committee able to prioritize their activities, set specific strategic to finish their job, and evaluate their performance so they have no problem with learning process that is applied and keep try their best to go through academic and organization activities. The purpose of this research is to get empiric data about how tight relation between self regulation and perception of learning process in medical students at UNISBA who became organizational committee. This research involves 80 students. The measuring instrument refers to self regulation theory from Zimmerman (2000) and rule of law about learning process. The result of data processing indicate r=0,427 which means positive correlation bertween self regulation and perception of learning process.Keywords: Students, Self Regulation, Perception, Learning ProcessAbstrak. Tanggung jawab sebagai mahasiswa Fakultas Kedokteran dengan jadwal perkuliahan yang padat di setiap harinya dan berbagai tugas yang harus dikerjakan menuntut mahasiswa untuk fokus pada kegiatan akademik. Namun demikian, beberapa diantara mahasiswa Fakultas Kedokteran UNISBA bersedia mengemban tanggung jawab sebagai pengurus organisasi tingkat fakultas ataupun di luar fakultasnya dan tetap dapat menyeimbangkan antara tuntutan akademik maupun organisasi. Mahasiswa Fakultas Kedokteran UNISBA yang aktif organisasi menunjukkan bahwa mereka mampu menyusun prioritas kegiatan, menetapkan strategi tertentu pada pekerjaan yang akan dikerjakan, dan melakukan evaluasi terhadap pekerjaan mereka sehingga mereka tidak mempermasalahkan proses pembelajaran yang mereka lalui dan tetap berupaya untuk dapat mengikuti kegiatan akademik dan organisasi dengan sebaik-baiknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris mengenai seberapa erat hubungan antara self regulation dengan persepsi terhadap proses pembelajaran pada mahasiswa Fakultas Kedokteran UNISBA yang aktif organisasi. Penelitian ini melibatkan 80 orang mahasiswa. Alat ukur yang digunakan mengacu pada teori self regulation dari Zimmerman (2000) dan pada peraturan undang-undang mengenai proses pembelajaran. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh r=0,427 yang artinya terdapat korelasi positif antara self regulation dengan persepsi terhadap proses pembelajaran.Kata kunci: Mahasiswa, Self Regulation, Persepsi, Proses Pembelajaran
dc.description Tanggung jawab sebagai mahasiswa Fakultas Kedokteran dengan jadwal perkuliahan yang padat di setiap harinya dan berbagai tugas yang harus dikerjakan menuntut mahasiswa untuk fokus pada kegiatan akademik. Namun demikian, beberapa diantara mahasiswa Fakultas Kedokteran UNISBA bersedia mengemban tanggung jawab sebagai pengurus organisasi tingkat fakultas ataupun di luar fakultasnya dan tetap dapat menyeimbangkan antara tuntutan akademik maupun organisasi. Mahasiswa Fakultas Kedokteran UNISBA yang aktif organisasi menunjukkan bahwa mereka mampu menyusun prioritas kegiatan, menetapkan strategi tertentu pada pekerjaan yang akan dikerjakan, dan melakukan evaluasi terhadap pekerjaan mereka sehingga mereka tidak mempermasalahkan proses pembelajaran yang mereka lalui dan tetap berupaya untuk dapat mengikuti kegiatan akademik dan organisasi dengan sebaik-baiknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris mengenai seberapa erat hubungan antara self regulation dengan persepsi terhadap proses pembelajaran pada mahasiswa Fakultas Kedokteran UNISBA yang aktif organisasi. Penelitian ini melibatkan 80 orang mahasiswa. Alat ukur yang digunakan mengacu pada teori self regulation dari Zimmerman (2000) dan pada peraturan undang-undang mengenai proses pembelajaran. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh r=0,427 yang artinya terdapat korelasi positif antara self regulation dengan persepsi terhadap proses pembelajaran.
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/11524/pdf
dc.rights Copyright (c) 2018 Prosiding Psikologi
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 4, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2018); 839-843
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 4, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2018); 839-843
dc.source 2460-6448
dc.subject psikologi
dc.subject Mahasiswa, Self Regulation, Persepsi, Proses Pembelajaran
dc.subject
dc.subject Mahasiswa, Self Regulation, Persepsi, Proses Pembelajaran.
dc.title Hubungan antara Self Regulation dengan Persepsi terhadap Proses Pembelajaran pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran UNISBA
dc.title HUBUNGAN ANTARA SELF REGULATION DENGAN PERSEPSI TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNISBA (STUDI PADA MAHASISWA AKTIF ORGANISASI)
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type kuantitatif
dc.type


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Psikologi [970]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Psikologi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account