Description:
Model adalah seseorang yang bekerja untuk menampilkan dan mempromosikan pakaian mode atau berpose untuk tujuan iklan dan karya seni. Model itu terbagi menjadi dua kategori yaitu model catwalk dan photo model. Model wanita di kota Bandung memiliki penilaian sendiri terhadap kehidupannya sebagai seorang model dan mereka mendapatkan kesejahteraan hidup sesuai dengan apa yang dirasakan oleh masing-masing model itu sendiri. Penilaian positif atau negatif para model tersebut berhubungan dengan kesejahteraan hidup yang didapatkan saat menjadi seorang model. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa erat hubungan antara self esteem dengan subjective well being pada model wanita di kota Bandung. Metode yang digunakan adalah metode korelasional. Alat ukur skala self esteem mengadaptasi dari Rosenberg Self-Esteem Scale (RSES) dan alat ukur subjective well being dibuat sendiri oleh peneliti berdasarkan teori dari Diener. Data analisis menggunakan teknik korelasi product moment dari Spearman dengan bantuan software SPSS versi 20. Hubungan antara self esteem dengan subjective well being ditunjukkan oleh koefisien hubungan (rxy) = 0,738 (p<0,05), yang berarti menunjukkan adanya hubungan positif yang erat antara self esteem dengan subjective well being pada model wanita di kota Bandung, semakin positif self esteem maka semakin tinggi tingkat subjective well being.