Universitas Islam Bandung Repository

Descriptive study of SLB C terate teachers Profile need based on EPPS (Edward Personal Preference Schedule)

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor
dc.creator Yuliasari, Yuke
dc.creator Aslamawati, Yuli
dc.date 2016-02-19
dc.date.accessioned 2019-09-10T02:10:48Z
dc.date.available 2019-09-10T02:10:48Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/2998
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/21279
dc.description SLB C terate is an SLB for drifter children. There are 9 teachers and 43 students in this school. 30% of UPI graduates majoring disability education become teachers of the school especially in part C by handling 5 students in a time session, and it is a tough responsibiity. However, they obtain many offers to teach in other disability or private schools with light responsibility. The objective of the study is to describe profil need on teachers of SLB-C Terate Bandung based on EPPS test. This is a descriptive study with all teachers of SLB-C Terate Bandung as the sample of research population. The  instrument used is EPPS test. EPPS describes need profile of the teachers. Diagram of modus score is used in each need to facilitate this research. Modus score is obtained from percentile score result calculation obtained from each need. The results show that teachers of SLB-C Terate have very high score on need Achievement, Order, Deference, Endurance based on EPPS test.
dc.description SLB C Terate Bandung merupakan SLB untuk anak tunagrahita. Guru yang mengajar di sekolah ini sebanyak 9 orang dan memiliki 43 murid. Berdasarkan data yang didapatkan, sebanyak 30% dari jumlah lulusan pendidikan luar biasa dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) yang memilih SLB bagian C dan menjadi guru SLB C dengan tugas dan tanggung jawab yang lebih berat dengan mengajar 5 orang anak. Padahal banyak juga dibutuhkan untuk menjadi guru pendamping di sekolah inklusi ataupun guru privat di rumah yang memiliki tantangan tidak sebesar menjadi guru SLB C. Para guru SLB C mau menerima berbagai macam kondisi dalam mengajar anak tunagrahita dan  mampu bertahan menjadi guru SLB C. Hal itu  menjadi perlu dikaji apa yang melatarbelakangi terjadinya keadaan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan mengenai profil need pada guru SLB-C Terate Bandung berdasarkan tes EPPS. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh guru SLB karena memungkinkan untuk menjadi subjek dalam penelitian ini. Alat ukur yang digunakan adalah Tes EPPS. EPPS menggambarkan profil kebutuhan para guru SLB. Guna mempermudah dalam membaca hasil penelitian ini, maka digunakan diagram dari nilai modus yang diperoleh pada setiap need. Nilai modus didapat dari perhitungan hasil skor percentile yang didapat dalam setiap need. Hasil penelitian didapatkan bahwa profil kepribadian guru SLB C Terate yang memilih bekerja sebagai guru SLB C berdasarkan tes EPPS yang memiliki skor sangat tinggi adalah need Achievement, Order, Deference, Endurance.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/2998/pdf
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 2, No 1, Prosiding Psikologi (Februari, 2016); 305-308
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 2, No 1, Prosiding Psikologi (Februari, 2016); 305-308
dc.source 2460-6448
dc.subject Proceedings of Psychology
dc.subject Profile need, SLB teachers, EPPS test.
dc.subject Psikologi
dc.subject Profil need, Guru SLB, Tes EPPS
dc.title Descriptive study of SLB C terate teachers Profile need based on EPPS (Edward Personal Preference Schedule)
dc.title Studi Deskriptif Mengenai Profil Need Guru SLB C Terate Bandung Berdasarkan Tes EPPS (Edward Personal Preference Schedule)
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type qualitative
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Psikologi [970]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Psikologi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account