Universitas Islam Bandung Repository

Studi Deskriptif Mengenai Student Engagement dan Faktor Pendukungnya pada Murid di Kursus Bahasa Inggris Aec Soreang Bandung

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Psikologi
dc.creator Wahyudiana, Asep Rhekky Guruh
dc.creator susandari, susandari
dc.date 2019-01-22
dc.date.accessioned 2019-09-10T02:20:41Z
dc.date.available 2019-09-10T02:20:41Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/14298
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/21368
dc.description Abstract. Course is a non-formal school that teaches students to train the skill they need. Course is an extra lesson program that managed by private institute, and has similar curriculum as formal school. AEC is one of english course that has an original curriculum, and some students feel the curriculum is hard till many of them decided to quit. But some of the students willing for remedial many times. They seem have an engagement with AEC, eventhough the lessons are hard for them. But they feel happy to study in AEC and it feels like their second home. They showed engagement, which is an expression of motivation that shown by their behavior, emotion, and cognitive in academic activity. The purpose of study is describing student engagement of AEC English course’s students. The data were taken by questionnaire based on student engagement theory by Connell. Samples are 17 students willing to repeat the lesson many times. The results show us that 96% have high student engagement, then 96% are high in behavior aspect, 100% are high in emotion aspect, and 59% are high in cognitive aspect. In the student engagement supporting factors, there are 14 students high in need for autonomy, 11 students are high in need for relatedness, and 10 students are high in need for competence.Keywords : English Course, Non-Formal, Student EngagementAbstrak. Kursus adalah tempat pendidikan anak selain sekolah formal, yang akan mengajarkan anak dalam mendalami skill yang dibutuhkannya. Kursus bersifat tambahan pelajaran bagi anak serta dikelola oleh swasta dan mempunyai kurikulum yang menyerupai kurikulum sekolah. AEC adalah salah satu tempat kursus bahasa inggris yang memiliki kurikulum sendiri, dan metode yang dirasa berat oleh murid hingga banyak diantaranya yang mengundurkan diri. Tetapi sebagian murid mau untuk mengulang berulang kali. Mereka terlihat memiliki keterikatan dengan AEC itu sendiri. Walau mereka merasa metode pembelajaran terbilang berat, tetapi mereka merasa senang belajar di AEC dan mengatakan juga AEC sebagai rumah keduanya. Mereka menunjukan engagement, yaitu tampilan dari motivasi yang dilihat melalui tindakan perilaku, emosi, dan kognitif yang ditampilkan oleh siswa dalam kegiatan akademik. Tujuan dari penelitian adalah menggambarkan student engagement pada murid tempat kursus bahasa Inggris. Pengumpulan data dilakukan dengan alat ukur berupa kuisioner dari teori Connell. Sampel berjumlah 17 murid yang mau mengulang materi berulang kali. Hasil yang diperoleh adalah terdapat 96%  yang memiliki tingkat student engagment yang tinggi. Lalu secara per aspek, didapat 96%  pada kategori tinggi di aspek perilaku, 100% tinggi pada aspek emosi, dan 59% tinggi pada aspek kognitif. Serta pada faktor pendukung yang paling menonjol berada pada faktor need for autonomy dengan 14 orang, dan 11 pada need for relatedness dan 10 orang pada need for competence.Kata Kunci : Kursus Bahasa Inggris, Non-Formal, Student Engagement
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/14298/pdf
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/downloadSuppFile/14298/3237
dc.rights Copyright (c) 2019 Prosiding Psikologi
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 5, No 1, Prosiding Psikologi (Februari, 2019); 252-257
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 5, No 1, Prosiding Psikologi (Februari, 2019); 252-257
dc.source 2460-6448
dc.subject Psikologi Pendidikan
dc.subject Kursus Bahasa Inggris, Non-Formal, Student Engagement
dc.title Studi Deskriptif Mengenai Student Engagement dan Faktor Pendukungnya pada Murid di Kursus Bahasa Inggris Aec Soreang Bandung
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Psikologi [970]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Psikologi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account