Universitas Islam Bandung Repository

Hubungan antara Kepuasan Kerja dengan Kinerja pada Karyawan Departemen Housekeeping di D’Best Hotel Bandung

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Psikologi
dc.contributor
dc.creator Giwangkara, Kania
dc.creator Aslamawati, Yuli
dc.date 2018-01-26
dc.date.accessioned 2019-09-10T02:22:04Z
dc.date.available 2019-09-10T02:22:04Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/9429
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/21380
dc.description Abstract. D'Best Hotel Bandung is a company engaged in services that offer lodging services and is still developing to date. So that human resources greatly affect the development of the company in order to remain able to compete with other hotels. Over the past year there have been many complaints that lead to the service of the housekeeping department employees of the hotel guests. The complaint concerns the slow demand of linen turnover, the slow service in delivering the requested equipment, as well as slow and not maximum in cleaning the room. It shows that employees have poor performance. Based on interviews, employees feel that the work they do does not get a positive response from the company. Employees also said that the company had promised a position as a Daily Worker when it was initially accepted work, but it has not materialized to date. Starting from a long-term career development process, they judged that what they expected did not match the reality they received, they did not get a job contract, bonuses from monthly service charge, and health insurance benefits from the company because they were not yet permanent employees. The purpose of this study is to see how closely the relationship between job satisfaction with employee performance. Subjects were 9 employees. Data processing using Rank Spearman correlation statistics. Based on the results of statistical calculations obtained data that correlation relationship between job satisfaction with employee performance that is equal to 0.815. It shows that there is a high correlation and positive relationship, that the lower the employee job satisfaction, the lower the employee performance.Keywords : Job Satisfaction, Job Performance, Discrepancy Theory.Abstrak. D’Best Hotel Bandung merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa yang menawarkan jasa penginapan dan masih berkembang sampai saat ini. Sehingga sumber daya manusia sangat berpengaruh terhadap perkembangan perusahaan agar tetap dapat bersaing dengan hotel lainnya. Selama satu tahun terakhir terdapat banyak keluhan yang mengarah kepada pelayanan dari karyawan departemen housekeeping dari para tamu hotel. Keluhan tersebut mengenai lambatnya permintaan pergantian linen, lambatnya pelayanan dalam mengantar peralatan yang diminta tamu, serta lambat dan tidak maksimal dalam membersihkan kamar. Hal tersebut menunjukkan bahwa karyawan memiliki kinerja yang buruk. Berdasarkan hasil wawancara, karyawan merasa bahwa pekerjaan yang mereka lakukan tidak mendapat tanggapan positif dari perusahaan. Karyawan juga mengatakan bahwa perusahaan pernah menjanjikan posisi sebagai Daily Worker ketika awal diterima bekerja, namun hal tersebut belum terwujud sampai saat ini. Berawal dari proses pengembangan karir yang terlampau lama, mereka menilai bahwa yang mereka harapkan tidak sesuai dengan kenyataan yang diterima, mereka tidak mendapatkan kontrak kerja, bonus dari service charge setiap bulannya, serta tunjangan asuransi kesehatan dari perusahaan karena mereka belum berstatus sebagai karyawan tetap. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat seberapa erat hubungan antara kepuasan kerja dengan kinerja karyawan. Subjek penelitian adalah 9 orang karyawan. Pengolahan data menggunakan statistik korelasi Rank Spearman. Berdasarkan hasil perhitungan statistik diperoleh data bahwa korelasi hubungan antara kepuasan kerja dengan kinerja karyawan yaitu sebesar 0,815. Hal tersebut menunjukan bahwa terdapat korelasi yang tinggi dan hubungan yang positif, bahwa semakin rendah kepuasan kerja karyawan, maka semakin rendah kinerja karyawan.Kata kunci : Kepuasan Kerja, Kinerja Karyawan, Teori Discrepancy Harapan dan Kenyataan.
dc.description D’Best Hotel Bandung merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa yang menawarkan jasa penginapan dan masih berkembang sampai saat ini. Sehingga sumber daya manusia sangat berpengaruh terhadap perkembangan perusahaan agar tetap dapat bersaing dengan hotel lainnya. Selama satu tahun terakhir terdapat banyak keluhan yang mengarah kepada pelayanan dari karyawan departemen housekeeping dari para tamu hotel. Keluhan tersebut mengenai lambatnya permintaan pergantian linen, lambatnya pelayanan dalam mengantar peralatan yang diminta tamu, serta lambat dan tidak maksimal dalam membersihkan kamar. Hal tersebut menunjukkan bahwa karyawan memiliki kinerja yang buruk. Berdasarkan hasil wawancara, karyawan merasa bahwa pekerjaan yang mereka lakukan tidak mendapat tanggapan positif dari perusahaan. Karyawan juga mengatakan bahwa perusahaan pernah menjanjikan posisi sebagai Daily Worker ketika awal diterima bekerja, namun hal tersebut belum terwujud sampai saat ini. Berawal dari proses pengembangan karir yang terlampau lama, mereka menilai bahwa yang mereka harapkan tidak sesuai dengan kenyataan yang diterima, mereka tidak mendapatkan kontrak kerja, bonus dari service charge setiap bulannya, serta tunjangan asuransi kesehatan dari perusahaan karena mereka belum berstatus sebagai karyawan tetap. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat seberapa erat hubungan antara kepuasan kerja dengan kinerja karyawan. Subjek penelitian adalah 9 orang karyawan. Pengolahan data menggunakan statistik korelasi Rank Spearman. Berdasarkan hasil perhitungan statistik diperoleh data bahwa korelasi hubungan antara kepuasan kerja dengan kinerja karyawan yaitu sebesar 0,815. Hal tersebut menunjukan bahwa terdapat korelasi yang tinggi dan hubungan yang positif, bahwa semakin rendah kepuasan kerja karyawan, maka semakin rendah kinerja karyawan.
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/9429/pdf_1
dc.rights Copyright (c) 2018 Prosiding Psikologi
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 4, No 1, Prosiding Psikologi (Februari, 2018); 249-255
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 4, No 1, Prosiding Psikologi (Februari, 2018); 249-255
dc.source 2460-6448
dc.subject Psikologi
dc.subject Kepuasan Kerja, Kinerja Karyawan, Teori Discrepancy Harapan dan Kenyataan.
dc.subject Psikologi
dc.subject Kepuasan Kerja, Kinerja Karyawan, Teori Discrepancy Harapan dan Kenyataan.
dc.title Hubungan antara Kepuasan Kerja dengan Kinerja pada Karyawan Departemen Housekeeping di D’Best Hotel Bandung
dc.title Hubungan antara Kepuasan Kerja dengan Kinerja pada Karyawan Departemen Housekeeping di D'Best Hotel Bandung
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kuantitatif
dc.type


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Psikologi [970]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Psikologi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account